10 Destinasi Wisata Prioritas Yang Menarik dikunjungi

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki destinasi pariwisata paling menarik di dunia. Hal inilah yang disadari betul oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Untuk itulah dalam konfrensi persnya beberapa waktu yang lalu di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Arief  menargetkan 12 juta wisatawan mancanegara masuk ke indonesia.

Untuk mencapai target tersebut, Arief telah menyiapkan strategi dengan menetapkan  10 destinasi pariwisata  yang menjadi prioritas untuk dikunjungi wisatawan. Ingin tahu apa saja, baca saja artikel ini hingga tuntas.

1.Danau Toba, Sumatera Utara

Terletak di Medan, Provinsi Sumatera Utara, danau vulkanik yang memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dikenal sebagai danau terbesar di dunia dengan pemandangan matahari yang tenggelam dengan indahnya. Danau Toba juga dikenal sebagai tempat pariwisata yang memiliki  suasana  sejuk dengan pemandangan pegunungan hijau mempesona disertai hamparan air biru.

Bagi Anda yang ingin berkeliling Danau Toba, Anda bisa menyewa jetski, perahu dan permainan air lainnya. Bicara harga sewanya sangat pas dikantong kita.

Mengenai penginapan, tidak perlu khawatir, banyak sekali penginapan disekitar Danau Toba, tinggal pilih mau yang murah atau yang mahal.

Untuk aksesnya terbilang mudah, Dari Jakarta Anda bisa langsung menuju Bandara Silangit, dari Bandara jarak menuju Danau Toba sudah tidak terlalu jauh. Namun bagi Anda yang berlabuh di kota Medan, bisa menggunakan jalur darat yang memakan waktu 4 jam.

2. Tanjung Kelayang (Pulau Belitung)

Pantai Tanjung Kelayang memiliki hamparan pasir putih lembut, laut yang tenang, sehingga sangat ideal untuk berenang sambil bermandikan cahaya matahari. Bagi yang hobi berfoto bersama pasangan, keluarga ataupun sendirian, batu-batu granit yang menonjol rapi diatas hamparan air laut serta pohon kelapa yang berdiri rapih sepanjang pantai sangat cocok sebagai latar belakangnya. Dari pantai ini, Anda juga bisa menikmati batu granit paling besar di Pulau Babi dengan menyewa perahu nelayan. Dan dengan perahu nelayan pula, Anda bisa melihat hamparan bebatuan yang membentuk pulau di Pulau Burung dan Pulau Lengkuas dengan mercusuar putihnya.

Bagi Anda yang ingin menginap, tidak perlu khawatir, di sana tersedia beberapa cottage dengan pemandangan menarik di sekeliling Danau Toba.

3. Pulau Seribu (Jakarta)

Jakarta dikenal sebagai kota padat dan penuh polusi. Namun dibalik itu semua, Jakarta juga menyimpan destinasi pariwisata sangat indah yang terdapat di Kepulauan Seribu.

Di Kepulauan Seribu terdapat sejumlah pulau resort yang harus Anda kunjungi karena di pulau-pulau resort ini terdapat pemandangan yang sangat indah dengan pelayanan terbaik dari pihak pengelola resort. Nama-nama pulau resort terbaik yang ada di Kepulauan Seribu tidak terhitung jumlahnya namun yang paling banyak dikunjungi  adalah pulau ayer, pulau kelapa, pulau Bidadari, Pulau Putri dan Pulau Sepa.

Konsep resort yang di usung di Kepulauan Seribu sama dengan banyak resort yang tersebar di seluruh Indonesia. Di dukung oleh sarana yang terbaik di kelasnya, pelayanan yang prima dan tentu saja dengan pemandangan alam dunia bahari yang eksostis bisa membuat siapa saja pengunjung yang berwisata ke pulau resort akan merasa puas.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik kapal cepat dari Muara Angke atau Ancol. Hanya memakan waktu sekitar 1 jam atau setengah jam, Anda sudah tiba di sana.  

4. Tanjung Lesung (Banten)

Jika ditempuh dari Jakarta, Tanjung Lesung memiliki jarak sekitar 160 km atau 5 jam perjalanan.  Lamanya waktu tempuh akan terobati ketika Anda tiba di sana. Ya, di sana, Anda bisa menikmati indahnya sunset di tepi pantai. Keindahan sunset inilah yang biasanya dijadikan objek bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi.

Selain sunset, Anda juga bisa menikmati permainan water sport seperti kano, banana boat dan jetski. Berenang di lautan yang jernih menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang tidak menyukai permainan water sport. Bagi yang hobi snorkling dan diving, Anda bisa menyelam di sana sambil menikmati terumbu karang.

Bagi yang hobi memancing, Anda juga bisa menyalurkan hobinya di tempat wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Di sana, Anda memancing sampai puas.

Berbagai penginapan, hotel dan resort tersedia di sekitar tempat wisata Tanjung Lesung. Tentunya jika Anda menginginkan pelayanan yang istimewa, Anda dapat menyewa resort dengan harga yang istimewa. Dan jika ingin meminimalisir pengeluaran, Anda dapat menyewa homestay dengan harga yang relatif bersaing di tempat ini.

5. Borobudur (Yogyakarta)

Jika singgah ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke borobudur.  Sebab, candi yang dibangun 770 masehi ini merupakan salah satu destinasi pariwisata menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Banyak sekali nilai karya seni yang terlihat dari susunan balok vulkanik serta pahatan reliefnya. Selain itu Candi Borobudur juga menjadi bukti akan kemajuan peradaban manusia pada zaman dahulu di bidang teknologi arsitektur, dan seni sastra.

Candi Borobudur juga memiliki dua museum, yakni Museum Karmawibhangga dan Museum Samudera Raksa. Museum Karmawibhangga berisi tentang informasi pembangunan Candi Borobudur, sedangkan Museum Samudera Raksa berisi beragam koleksi serta informasi pada zaman dahulu tentang sejarah perdagangan Asia – Afrika.

Bukan hanya fisik bangunannya saja yang mengagumkan, pemandangan alam sekitar juga menambah kesan indah Candi Borobudur.

6. Taman Wisata Nasional Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan nama sebuah tempat wisata yang berlokasi di daerah Jawa Timur. Diberi nama  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dikarenakan letaknya yang berada di ketiga daerah tersebut.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun seperti cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka. Pada dinding yang mengelilingi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terdapat banyak rerumputan, mentigi, akasia, cemara, dan tumbuhan lainnya.

Taman nasional ini memiliki berbagai macam satwa seperti luwak, rusa, kera ekor panjang, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burung, rangkong, elang ular bido, srigunting hitam, elang bondol, dan belibis yang hidup di Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo. Menarik bukan?

7. Mandalika (NTB)

Usai ditetapkan sebagai daerah wisata bahari pada maret 2016, Pemprov NTB gencar mempromosikan pariwisata di Mandalika Kabupaten Lombok Tengah. Usaha yang mereka lakukan terbilang tidak sia-sia sebab hampir setiap bulannya, pengunjung yang datang ke Mandalika semakin banyak.

Menurut Gubernur NTB, Zainul Madji, pantai-pantai indah yang terdapat di Mandalika dan tidak kalah dengan Pulau Bali menjadi alasan kenapa wisatawan mau datang ke lokasi tersebut.

Ombak di pantai Mandalika yang sangat bersahabat, menjadi alasan wisatawan yang hobi berselancar  untuk datang ke kawasan tersebut.

Mandalika juga dikenal sebagai kawasan wisata yang memiliki terumbu karang menakjubkan dan perairan yang berputar di Samudera Hindia. Fenomena itulah yang menjadikan penghobi snorkling dan diving tertarik mengunjunginya.

8. Wakatobi

Bagi Anda yang ingin pergi berliburan, Wakatobi di kepulauan Sulawesi Tenggara bisa menjadi pilihan favorit. Pasalnya, Wakatobi memiliki  141 pulau yang terbilang indah dan sangat eksotis. Selain wisata bahari, kearifan budaya dan ragam kuliner yang sangat menggiurkan juga menjadi alasan lainnya kenapa Anda harus berkunjung ke sana.

Keindahan bahari, kearifan budaya dan ragam kuliner yang terdapat di kepulauan yang dikenal sebagai jantung segitiga  terumbu karang ini membuat Pemda Wakatobi gencar melakukan promosi. Hasilnya,  Wakatobi kini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk berkunjung ke sana, Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi. Jika ingin cepat dikarenakan waktu berlibur terbatas, Anda bisa menggunakan pesawat dengan rute menuju Makasar atau Kendari. Kemudian lanjut dengan menggunakan pesawat perintis menuju Wangi-Wangi.

9. Morotai (Maluku Utara)

Di kalangan wisatawan, Morotai dikenal sebagai surganya wisata. Pasalnya,  kepulauan yang menjadi saksi sejarah perang dunia ke-2 ini memiliki tempat-tempat wisata yang terbilang indah, salah satunya adalah Pantai Dodola. Di Dodola Anda bisa melihat hamparan pasir putih yang sangat indah. Di pantai ini Anda juga akan menemukan keajaiban dunia yakni surutnya air ketika siang hari sehingga Anda bisa menyeberang ke pulau satunya dengan berjalan kaki. Namun sebelum sore Anda harus kembali, pasalnya air laut yang menghubungkan kedua pulau di Dodola akan naik kembali.

Selain Dodola, Anda bisa berwisata ke museum bawah laut dan juga meseum perang dunia ke-2, tidak ketinggalan wisata air kaca nan eksotis yang pastinya mampu membuat Anda ingin kembali lagi kesana.

Gimana menarik bukan? Jadi tunggu apalagi segera kunjungi Morotai sekarang juga dijamin Anda merasa puas berwisata ke sana.

Untuk menuju ke sana, Anda harus mengambil rute ke Ternate terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan pesawat perintis menuju Morotai. Namun bagi Anda yang ingin menikmati suasana Provinsi Maluku Utara sebelum tiba di Morotai, bisa melanjutkan perjalanan menuju Sofifi dengan menggunakan sped, dilanjutkan perjalanan darat yang memakan waktu 4 jam menuju Tobelo, Halmahera Utara dan  melanjutkan perjalanan menuju Morotai dengan menaiki spedboat atau kapal fery dengan jarak tempuh 3 jam lamanya.

10. Labuan Bajo  (NTT)   

Ingin menikmati teriknya matahari di tepi pantai selain Bali? Datang saja ke Labuan Bajo. Di sana, Anda bisa menemukan pantai-pantai indah yang bermandikan cahaya matahari. Tidak hanya itu, bagi Anda yang hobi snorkeling atau diving, Labuan Bajo memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Perairannya pun masih sangat jernih dan alami, jadi Anda bisa melihat berbagai macam ikan dan terumbu karang  yang terdapat di sana.

Di Labuan Bajo, Anda juga bisa merelaksasikan pikiran dengan melihat pemandangan-pemandangan yang disuguhkan alam. Jika Anda ingin lebih rileks lagi, pilihlah sore hari, sebab Labuan Bajo di sore hari menyajikan pemandangan sunset yang sangat bagus. Jika pikiran Anda sudah rileks, ada baiknya untuk meluangkan waktu sejenak menikmati kuliner di sana. Soalnya, kuliner di sana terkenal sangat lezat rasanya.

Mengenai transportasi untuk berkeliling, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa naik bemo atau taksi, namun jika Anda pergi beramai-ramai, alangkah baiknya untuk menyewa mobil. Sebab bisa berkeliling seharian tanpa khawatir jam angkot beroperasi habis. Mengenai harga sewanya murah kok, Anda cukup merogoh Rp.500.000,- Gimana menarik bukan?(HS.Foto:HS)

Related posts

Leave a Comment