17 Kota Raih Predikat Smart City

Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter lokal.

Kegiatan pemetaan ini merupakan agenda dua tahunan yang dimulai pertama kali pada tahun 2015.

Dijelaskan oleh Guru Besar ITB sekaligus Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC), Prof.DR.Suhono H.Supangkat ketika acara  sharing & awarding RKCI di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, pada senin  (11/12) tujuan RKCI yakni melakukan pengukuran kinerja pengelolaan kota terhadap pelayan masyarakat. Kemudian, memberikan gambaran yang lebih komphrehensif mengenai kondisi kota dan permasalahan di dalamnya.

RKCI juga bertujuan untuk memberikan pedoman bagi stakeholder kota dalam membangun layanan kota, sekaligus sebagai proses evaluasi berkelanjutan dalam implementasi smart city di kota-kota Indonesia.

“Permasalahan kota seperti kemacetan, kejahatan, lingkungan  dan  lainnya  kian  kompleks.  Hal  ini menyebabkan  adanya  kebutuhan  inovasi  dalam mengatasi permasalahan kota,” kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa implementasi smart city sebagai solusi banyak dilakukan kota namun belum ada model referensi.

“Karena itu, dibutuhkan evaluasi dan pemetaan kondisi kota agar tiap kota mampu berinovasi berdasarkan  kondisi  dan  karakteristik  tiap  kota  di Indonesia,” pungkasnya.

Prof.DR.Suhono H.Supangkat juga menjelaskan bahwa di dalam acara RKCI ini ada dua agenda penting yang bisa diikuti oleh para undangan seperti talkshow mengenai smart city dan Awarding RKCI.

Dalam Awarding RKCI yang terbagi dalam dua sesi; yang pertama di Istana Wapres yang berada di Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan Kedua di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, sebanyak 17 Kota seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan, Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri, Magelang, Sawah Lunto, Bontang, Tual, Jayapura, Bukit Tinggi, dan Pare-Pare memperoleh penghargaan.

Seperti yang disampaikan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla pada sesi pertama di Istana Wapres, bahwa penghargaan ini bisa semakin memajukan lagi kota-kota di Indonesia.(HS.Foto:HS)  

 

 

Related posts

Leave a Comment