6047 Posko Kesehatan Mudik Lebaran disiapkan Kemenkes

Jakarta,Gpriority-Ditemui usai buka puasa bersama di RSUP Persahabatan, Selasa (28/5), Menteri Kesehatan (Menkes) RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K).yang ditemani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, SpOG (K), MARS memastikan pihaknya menyiapkan setidaknya 6.047 posko kesehatan yang tersebar di beberapa rest area, selain itu beberapa puskesmas juga siap melayani beberapa pemudik selama 24 jam.

 “Jadi memang pelayanan kesehatan tentu kita perhatikan terutama untuk para pengemudi, tetapi untuk para penumpang kami meminta betul untuk hati-hati misalnya untuk makanan kita juga akan cek bagaimana kesehatannya,” kata Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K).

Tak hanya jalur darat beberapa posko kesehatan juga didirikan di Jalur laut seperti pelabuhan dan Bandara, serta Terminal. Sehingga para pemudik dapat menikmati layanan kesehatan yang disediakan secara gratis.

“Saya kira pertama ya nggak usah buru-buru pulang, gak usah ngebut ya, jadi hati-hati karena kita bawa penumpang,” ucapnya.

Menkes Nila juga mengatakan masalah kesehatan bisa terjadi kapan saja, apalagi saat mudik lebaran yang membutuhkan fisik dan psikis yang baik. Sektor kesehatan harus siap apabila terjadi risiko masalah kesehatan. Karena hal itu bisa terjadi jika tubuh dalam keadaan tidak sehat.

“ Senin (27/5) kita ingin melihat seberapa jauh kesiapan ambulans di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Ambulans itu mempunyai kapasitas untuk menolong, jadi  ambulans yang akan diturunkan harus ada tipenya. Seperti ambulans kalau harus menolong orang saat itu juga misalnya untuk yang sakit jantung, maka di ambulans tersebut bisa dilakukan tindakan langsung. Ada juga ambulans untuk bawa pasien dirujuk ke rumah sakit. Ambulans itu ada standar nya, misalnya untuk oksigen anak, kita sesuaikan dengan standar untuk anak-anak. Kami juga cek koneksitasnya dari ambulans tersebut, itu ada PSC 119, nah Anda tinggal panggil saja, ceritakan kejadiannya seperti apa. Nanti 119 yang akan arahkan. Saya tadi cek, itu (PSC 119) bagus sekali, nanti ambulans yang paling dekat dengan anda akan menghampiri anda. Termasuk jika mau rujuk nanti diarahkan,” tutupnya.(Hs.Foto:Hs)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment