77 Event diselenggarakan di Banyuwangi

Banyuwangi telah ditetapkan sebagai satu diantara 10 destinasi yang di-branding atau co-branding Wonderful Indonesia dengan brand “Banyuwangi The City of Carnival and Festival” karena kesiapan unsur 3A-nya (Atraksi, Amenitas, dan Aksibilitas) terutama konektivitas udara dengan diterbanginya Bandara Blimbingsari Banyuwangi oleh sejumlah maskapai nasional dari Jakarta, Surabaya dan Bali.

Dalam launching Top 77 Calendar of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (1/2) Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Banyuwangi yang aktif mengemas event pariwisata dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Beliau juga mengatakan “untuk atraksi, Banyuwangi tercatat paling cepat berkembang karena melibatkan seluruh potensi masyarakat. Bila tahun 2012 baru ada 12 event, tahun 2017 meningkat jadi 72 event, dan tahun ini menjadi 77 event dengan sejumlah event unggulan yang masuk dalam CoE WI 2018”.

Peluncuran Top 77 Calendar of Event ini merupakan upaya Pemkab. Banyuwangi menyuguhkan atraksi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, sekaligus mendukung program Visit Wonderful Indonesia (ViWi) 2018 dalam meraih target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara ditahun 2018.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan “dari Top 77 Calendar of Event ini kami memiliki 5 event unggulan; Festival Gandrung Sewu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Beach Jazz Festival, dan Jazz Ijen. Dan dari event unggulan tersebut 3 diantara masuk dalam Top 10 Nasional Events yaitu Banyuwangi Ethno Carnival  dan Top 100 Nasional Events yaitu Festival Gandrung Sewu dan Internasional Tour de Banyuwangi.

Penyelenggaraan event-event tersebut terbukti dapat menarik kunjungan wisatawan, ditahun 2016 kunjungan wisman ke Banyuwangi sebanyak 77 ribu dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 91 ribu wisman dengan pendapatan devisa mencapai Rp 546 miliar. Untuk mempermudah para wisatawan yang akan menghadiri event-event tersebut pemkab Banyuwangi membuat aplikasi Banyuwangi Festival 2018 yang dapat diunduh melalui playstore di smartphone, dalam aplikasi tersebut tertera tanggal dan bulan penyelenggaraan event-event tersebut dilengkapi dengan gambar dan video. (syifa.Foto:Syifa)

Related posts

Leave a Comment