Ada Iconic di Galeri Nasional

Iconic merupakan tajuk yang diangkat dalam pameran tunggal perupa ternama asal Yogyakarta Yuswantoro Adi di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat pada 11 hingga 22 November 2017.

Dijelaskan oleh Yuswantoro Adi, Iconic berarti segala sesuatu yang bersifat atau mengandung unsur ikon. “ Seperti kita ketahui, ikon memiliki pengertian sebagai gambar, baik berupa logo, tanda, lambang, simbol dan atau apapun berupa visual, bahkan tempat, gedung atau wajah manusia yang telah memiliki daya kohesi/rekat tertentu dengan diri dan atau sekitarnya,” ujar Yuswantoro saat acara pres tour sebelum pameran dibuka.

Yuswantoro juga mengatakan, dalam pameran ini ini dirinya  tidak hanya ingin membeberkan ikon-ikon yang ada dalam ingatan masyarakat, namun berupaya juga untuk mengganggu kebekuan ingatan bersama masyarakat tentang ikon tersebut.

“Inilah titik yang mengemukakan gagasan dan opini saya tentang dunia di sekitar ikon-ikon tersebut,” ucapnya.

Yuswantoro juga menjelaskan bahwa di pameran tunggal yang ketiga kalinya ini dirinya membawa 20 karya buatannya dan puluhan karya lukis anak didik Yuswantoro. Ketika ditanya kenapa membawa serta hasil karya anak didiknya? Yuswantoro menjawab, agar karya anak-anak ini bisa memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan dunia seni rupa baik di Yogyakarta maupun Indonesia. (HS.Foto:HS)

Related posts

Leave a Comment