Anugerah Pesona Indonesia: Ajang Pariwisata Terpopuler di Indonesia

Bertepatan dengan momen akhir tahun 2017, panitia penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia (API) menggelar malam Anugerah Pesona Indonesia 2017 kepada seluruh insan pariwisata Indonesia.

 Acara yang digelar 25 November di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat menurut ketua penyelenggara API 2017, Nanda Satria Anwar dalam sambutannya,  telah banyak membantu dalam memberitakan dan mempromosikan berbagai obyek dan tujuan wisata di Indonesia. Di samping itu, ajang ini juga telah menjelma menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan serta mempromosikan pariwisata di daerahnya.

 Anugerah Pesona Indonesia juga banyak berperan dalam memperkenalkan dan mengangkat banyak obyek dan tujuan wisata baru di Indonesia. Ini pula yang menjadi inspirasi dan motivator banyak daerah untuk lebih berani serta pro aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di daerahnya. Hal tersebut berdampak dengan banySangculan obyek wisata baru yang sebelumnya tidak terlalu dikenal oleh masyarakat.

 Berdasarkan pendataan yang dilakukan selama berlangsungnya kegiatan, tercatat sebanyak kurang lebih 4,5 juta tautan di internet dan lebih dari 32.000 pemberitaan mengenai kegiatan ini di media online. Diperkirakan pula ada lebih dari 5 juta posting dan share di media sosial yang berkaitan dengan nominasi serta kegiatan API. Belum terhitung pula jumlah promosi pariwisata lokal yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun penggerak pariwisata dalam upaya mempromosikan wisata daerahnya yang masuk nominasi API 2017.

 Pada penyelenggaraan kali ini, suara yang masuk mencapai 213.820 atau terdapat kenaikan sebesar 4 kali lipat bila dibandingkan dengan jumlah suara yang masuk pada penyelenggaraan tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah suara yang masuk tersebut juga dibarengi dengan kenaikan jumlah suara yang masuk dari voters di luar negeri. Kenaikan sebesar 26% atau sebanyak 5.445 suara berasal dari Amerika, Singapura dan Belanda.

 Di akhir sambutan, Nanda mengucapkan selamat kepada para pemenang. ” Semoga ajang ini bisa menjadi pelecut bagi daerah untuk terus memajukan pariwisatanya di daerahnya,” tutup Nanda.

 Daftar para pemenang API 2017

1.Surga Tersembunyi Terpopuler

Juara 1: Kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Prov.Sumbar. Juara 2: Wanawisata Budaya Mataram, Kabupaten Bantul, Prov.Yogyakarta. Juara ke 3: Desa Wisata Bantaragung, Kabupaten Majalengka, Prov. Jabar.

 2.Obyek Wisata Bersih Terpopuler

Juara 1: Kampoeng Radja, Kota Jambi, Prov.Jambi. Juara 2: Pantai Tiga Warna, kabupaten Malang, Prov Jatim. Juara 3 : Pantai Sisi Serasan, Kabupaten Natuna, Prov. Kepulauan Riau.

 3.Situs Sejarah Terpopuler

Juara 1: Sangkulirang Rock Artis, Kabupaten Kutai Timur, Prov Kaltim. Juara 2: Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Prov.Riau. Juara ke 3: Situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Prov. Jabar.

 4.Makanan Tradisional Terpopuler

Juara 1: Bolu Berendam,Kabupaten Indragiri Hulu, Prov Riau. Juara 2 : Enbal, Kabupaten Maluku Tenggara, Prov.Maluku.Juara 3: Kemang Kantung Semar, Kabupaten Kerinci,Prov Jambi.

5.Tempat Menyelam Terpopuler

Juara 1: Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, Prov NTT.Juara 2: Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Prov. Sulawesi Tenggara. Juara 3: Kepulauan Banda, kabupaten Maluku Tengah,Prov Maluku

6.Tempat Berselancar Terpopuler

Juara 1: Bono (Legen Of Seven Ghost), Kabupaten Pelalawan, Prov Riau. Juara 2: Pantai Wediombo, Kabupaten Gunung Kidul, Prov.Yogyakarta. Juara 3: Pantai Tarimbang, Kabupaten Sumba Timur, Prov.NTT.

7.Atraksi Budaya Terpopuler

Juara 1: Bakar Tongkang, Kabupaten Rokan Hilir, Prov.Riau.Juara 2:Tari Ngagah Harimau, Kabupaten Kerinci, Prov.Jambi.Juara 3: Tabuik, Kota Pariaman,Prov.Sumbar.

 8.Festival Pariwisata Terpopuler

Juara 1: Festival Pacu Jalur, Kabupaten Kuantan Singingi, Prov.Riau. Juara 2: Sawahlunto Int’l Songket Carnival, Kota Sawahlunto, Prov.Sumbar. Juara 3: Buleleng Festival, Kabupaten Buleleng, Prov.Bali.

9.Dataran Tinggi Terpopuler

Juara 1: Bukit Khayangan, Kota Sungai Penuh,Prov.Jambi.Juara 2: Bukit Seribu Bintang,Kabupaten Kuningan,Prov.Jabar.Juara 3:Kalibiru,Kabupaten Kulon Progo, Prov.Yogyakarta

 10.Tujuan Wisata Baru Terpopuler

Juara 1: Taman Breksi,Kabupaten Sleman,Prov Yogyakarta.Juara 2:Pulau Kumala,Kabupaten Kutai Kertanegara,Prov Kaltim.Juara 3: Skywalk,Kota Bandung,Prov. Jabar.

11.Kampung Adat Terpopuler

Juara 1: Saribu Rumah Gadang,Kabupaten Solok Selatan,Prov.Sumbar.Juara 2: Kete Kesu,Kabupaten Toraja Utara,Prov.Sulawesi Selatan.Juara 3: Kampung Wisata Mangunan,Kabupaten Bantul,Prov.Yogyakarta.

 12.Minuman Traditional Terpopuler

Juara 1:Laksmana Mengamuk-Prov.Riau.Juara 2:Jeniper,Kabupaten Kuningan,Prov.Jabar.Juara 3:Teh Talua,Kota Padang,Prov.Sumbar.

 13.Obyek Wisata Belanja Terpopuler

Juara 1:Pasar Bawah,Kota Pekanbaru.Prov.Riau.Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo,Prov.Jatim.Juara 3: Pasar Beringharjo,Kota Yogyakarta,Prov.Yogyakarta.

 14.Obyek Wisata Unik Terpopuler

Juara 1: Gua Jomblang,Kabupaten Gunung Kidul,Prov.Yogyakarta.Juara 2:Pulau Gunung Api Batubara,Kabupaten Lembar Prov.NTT.Juara 3:Lumpur Sidoarjo,Kabupaten Sidoarjo,Prov.Jatim

 15.Promosi pariwisata digital terpopuler.

Juara 1: @disparbud_jabar (twitter),Prov.Jabar.Juara 2:@aceh-disbudpar (twitter),Prov.Aceh.Juara 3: @VisitJawaTengah (twitter), Prov.Jateng.

 Juara favorit api.  Sangkulirang rock artsKabupaten Kutai timur,Prov Kaltim.

 Juara umum: Prov.Riau

 

 

Related posts

Leave a Comment