Asian Games 2018 Momentum Bagus untuk Promosi

Palembang,Gpriority-Momentum Asian Games 2018 diharapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada saat peluncuran Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) di Benteng Kuto Besak, Palembang,Sumsel (8/8) bisa mendorong berbagai promosi, baik pariwisata ataupun industri maupun destinasi pariwisata.

“Asian Games ini diproyeksikan akan mendatangkan 170 ribu orang dengan potensi spending lebih dari satu triliun rupiah, namun media valuenya bisa mencapai lebih dari 2 kali lipat. Karena itu momentum Asian Games 2018 sangat bagus untuk melakukan promosi, baik oleh para pengusaha maupun destinasi wisata di Palembang,” kata Menpar Arief Yahya yang saat itu menggunakan songket dan baju khas Palembang berwarna hitam.

Terkait dengan HBDI 2018 yang diselenggarakan di seluruh Indonesia, Menpar Arief Yahya mengatakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh di tanggal 17 Agustus 2018 sekaligus perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. “HBDI ini akan menambah pilihan atraksi wisata, khususnya wisata kuliner dan belanja untuk atlet, official, media, dan wisman yang akan hadir pada Asian Games 2018,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan wisata belanja dan kuliner adalah salah satu wisata yang paling banyak diminati. Setiap orang yang berwisata spending untuk kuliner sendiri mencapai 30 hingga 40 persen. Karena itu HBDI diharapkan mampu menjadi event ritel baru berskala nasional di Indonesia dan festival ritel tahunan terbesar di negeri ini. Lebih dari 100 perusahaan dan 200 brand akan berpartisipasi dalam HBDI 2018 yang memberikan penawaran khusus dengan konsep angka 73 seperti diskon hingga 73%, harga khusus Rp. 73.000, dan diskon bagi yang berulangtahun ke-73 tahun.

Pembukaan HBDI 2018 di Palembang semakin meriah dengan diselenggarakannya “Diaspora Sriwijaya Festival” dengan tema “Seguntang Hill the History and Mythology”. Dalam Diaspora Sriwijaya Festival, akan tampil Komunitas Forum Pesona Sriwijaya dan Cooking Class oleh APJI pada 9 hingga 14 Agustus 2018 serta Lomba Bidar Tradisional pada tanggal 17 Agustus.

Pagelaran budaya mulai dari Tari Gending Sriwijaya hingga Sendratari Diaspora Sriwijaya, jadi pembuka event Sungai Musi itu. Menurut Ketua Pelaksana HBDI 2018, Fetty Kwartati total ada 25 event berskala nasional selama perhelatan Asian Games 2018 berlangsung di Palembang.

“Akan ada Asian Games Creative Exhibition di panggung terbuka di bawah Jembatan Ampera (17 Agustus – 2 September 2018) akan meramaikan perhelatan Asian Games 2018 ini. Ada pula acara yang juga pasti menarik bagi masyarakat di Palembang, yaitu Pameran Kejayaan Sriwijaya Cullinary Art Festival di Benteng Kuto Besak mulai 4 Agustus hingga 2 September 2018,” kata Fetty.

Sriwijaya Great Sale juga akan menjadi bagian dalam HBDI 2018, dan berbagai kegiatan kompetisi serta hiburan lokal yang meramaikan rangkaian acara HBDI 2018 ini. Moment ini juga melanjutkan agenda Kemenpar yaitu Visit Wonderful Indonesia, khususnya di Palembang yang akan menjadi pusat kegiatan selama pesta olah raga Asian Games berlangsung. (Hs)

Related posts

Leave a Comment