Bahil Lahadalia, Inspirasi Kaum Muda

Salam Pejuang Pengusaha, Pengusaha Pejuang

 Sosok Bahlil Lahadalia tidaklah asing. Pria yang besar di Fakfak, Papua Barat, 7 Agustus 1976 jadi ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) periode 2015-2018. Sebuah jabatan prestisius di mana HIPMI kita tahu sebagai wadah para pengusaha muda yang berkencimpung menelurkan gagasan dan kerja nyata dalam membangun perekonomian bangsa.

Tidak salah bila Bahlil Lahadila sang pengusaha muda yang besar di Fakfak Papua Barat ini sangat menginspirasi kaum muda. Sejatinya kaum muda mendedikasikan dirinya dalam hal positif. Mirisnya hari ini di mana banyak anak muda yang ikut-ikutan jadi penyebar hoax berkebalikan dengan spirit anak muda itu sendiri yang sejatinya berpikir maju ke depan.

Kita perlu belajar kepada sosok Bahlil Lahadalia ini dalam merintis jenjang karier di dunia usaha. Dalam akun media sosialnya Bahlil pernah menulis: Dulu pernah susah, pernah sengsara. Namun selangkah demi selangkah berjuang hidup, kondisi itu dapat terlampaui. Saat yang paling berat justru ketika beranjak akan sukses, cobaan selalu datang menghampiri. Semoga kita dalam lindungan-Nya. Salam Pejuang Pengusaha, Pengusaha Pejuang.

Dalam satu momen, meskipun ia menjadi bagian dari pendukung calon presiden petahana, Joko Widodo, Bahlil pernah memposting foto kebersamaannya bersama Sandiaga Uno yang juga mantan ketua HIPMI periode sebelum-sebelumnya dan  Erick Tohir, Minggu (28/10). Bahlil menulis: Di HIPMI tidak ada kata lawan, melainkan persahabatan di atas segala-galanya. Jika dalam konteks kompetisi itu biasa, kita bertanding untuk bersanding. Semoga dalam kampanye Pilpres sekarang juga masyarakat Indonesia bisa memaknai pesta demokrasi ini dengan kepala dingin, dan lahirkan pemimpin yang terbaik yang bisa melahirkan kebijakan yang memihak pada rakyat, pembangunan ekonomi yang berkeadilan untuk seluruh rakyat Indonesia dari Aceh sampai Papua. Salam Pejuang Pengusaha – Pengusaha Pejuang.

Pada Jumat 26 Oktober 2018, Bahlil memposting fotonya bersama presiden Jokowi dalam acara Ideafest, seraya menulis: Pak Jokowi berkomitmen menciptakan iklim investasi startup kepada para technopreneur dan generasi milenial untuk berkarya dan berinovasi di dalam negeri. Semoga anak muda bisa mengisi dan berkontribusi dalam kepemimpinan nasional ke depannya. Amin YRA. Salam Pejuang Pengusaha-Pengusaha Pejuang.

 Pada Kamis 18/10/2018 melalui Instagram, di mana Bahlil yang hadir dalam acara Indonesia Business Forum TV One, ia menulis: Terus berjuang untuk perekonomian, iklim investasi Indonesia yang semakin membaik ke depan agar bisa mendorong peningkatan jumlah pengusaha di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, memang sosok Bahlil Lahadalia ini sebelum jadi pengusaha, ia pernah menjadi sopir angkot, kondektur, tukang kue keliling, dan kuli pasar. Kiprahnya sebagai pengusaha muda mengantarkannya menduduki posisi Ketua Umum HIPMI dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-15 Desember 2015.

Bahlil telah mendapat pelajaran berharga dari kedua orang tuanya. Bapak dan mamanya yang sangat berjasa yang menumbuhkan spirit hidupnya dalam menjalani dunia kewirausahaan. Bahlilsadar bahwa ia datang dari keluarga yang kurang mampu. Ibunya merupakan pembantu rumah tangga, sementara bapaknya tukang kuli bangunan.

“Kerja keras saya itu, saya terinspirasi dari ayah saya. Ayah saya itu seorang buruh bangunan, dia mampu menyekolahkan anaknya 8 orang, dan semua sarjana. Gaji Rp 7.500 per hari, tapi dia bisa memberikan makan untuk semua anaknya. Dia kerja, sakit pun dia kerja,” kata Bahlil seperti dikutip dari detikfinance.

Bahlil pada akhirnya bertekad untuk keluar dari jerat-jerat kemiskinan yang menghantuinya. Dan ia berhasil memutus mata rantai kemiskinan dalam perjalanannya dengan fokus merintis usaha,hingga ia kini menjelma sosok pengusaha yang diperhitungkan di dunia bisnis.

Setelah menempuh pendidikan SMEA, dengan tekad kuat Bahlil dapat melanjutkan studi kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Ia aktif di organisasi kemahasiswaan,pernah menjadi pengurus senat mahasiswa dan bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta pernah menduduki jabatan sebagai Bendahara Umum PB HMI.

Kini Bahlil memiliki 10 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai Holding Company. # Sofie

PENDIDIKAN

-S1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Mumbai, Jayapura, Papua

KARIER

-Bendahara Umum PB HMI

-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2003)

-Pemilik PT Bersama Papua Unggul

-Pemilik PT Dwijati Sukses

-Pemiilik PT Rifa Capital

-Ketua Umum HIPMI, 2015-2018

 

Related posts

Leave a Comment