BAHRAIN KASUBA: Bupati Pilihan Rakyat

Demikian opini yang mengemuka di masyarakat Halmahera Selatan (Halsel). Mari kembali merajut kebersamaan untuk meraih tujuan bersama, bahwa dibentuknya Halmahera Selatan tiada lain dan tiada bukan  visi dan misinya adalah bagaimana masyarakat Halmahera Selatan lebih sejahtera.

Fachry Nahar, S.Ag,MM selaku Kabag Humas Protokoler Pemda Halsel menengarai di mana pemerintah daerah yang berkuasa welcome untuk menerima berbagai masukan. “Kita menilai dalam konteks ini adalah sebuah dinamika. Dinamika yang menjadi kekuatan penyeimbang yang penting untuk kita akomodasikan. Untuk melengkapi berbagai kebutuhan dokumen perencanaan dan strategi-strategi kebijakan pembangunan daerah.  Namun kita juga mengikhtiarkan bahwa dinamika apapun harus dilihat ini adalah bagian integral dalam konteks kepemimpinan dan masyarakat Halsel. Memberi ruang bagi siapa pun oposisi loyal maupun garis keras . Kita tetap memberi ruang untuk mereka berpartisipasi. Kita bangun harmonisasi seluruh stakeholder. Seluruh masyarakat tanpa melihat bahwa ini lawan ini kawan tapi menjadi bagian integrasi dari proses pembangunan, “kata Nahar.

Halsel terbentuk pada tanggal 25 Februari 2003, berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2013. Bupati definitif pertama yakni Muhammad Kasuba menjabat dua periode. Apa yang telah dicapai di era kepemimpinan Muhammad Kasuba patut mendapat apresiasi dan penghargaan. Di antaranya beliau berhasil membangun dan memelihara jalan di pelbagai wilayah di Kabupaten Halmahera Selatan, di antaranya jembatan, irigasi, pasar, tenaga listrik, perhubungan udara dan air bersih dan pendidikan.

Selanjutnya, Kepemimpinan Muhammad Kasuba digantikan oleh Bahrain Kasuba bersama Iswan Hasjim sebagai wakilnya untuk masa jabatan 2016-2021.

Pelantikan

Pelantikan Bahrain Kasuba  sebagai Bupati Halmahera Selatan bersama Iswan Hasjim sebagai Wakilnya terjadi pada Selasa (23/05). Pelantikan dilaksanakan di Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi, Maluku Utara.

Seperti dilansir website pks. id, acara pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan di hadapan Gubernur Maluku Utara dan seluruh undangan yang hadir di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai bupati dan wakil bupati  Halmahera dengan sebaik baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Bahrain Kasuba dan Iswan Hasjim seraya mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan KH. Abdul Gani Kasuba Gubernur Maluku Utara.

Selesai pengucapan sumpah jabatan para hadirin bertepuk tangan menandakan kegembiraan mereka atas pelantikan Bahrain Kasuba dan Iswan Hasjim. Mereka terharu dan gembira pasangan calon yang diusungnya akhirnya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan.

Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba berpesan kepada Bupati dan Wakil Bupati Halmehera Selatan yang baru saja dilantik merealisasikan semua janji kampanye kepada masyarakat Halmahera Selatan.

“Saya menyampaikan pesan Presiden pada saat Pelantikan Gubernur, bahwa setiap kepala daerah terpilih harus merealisasikan semua janji  yang pernah diucapkan pada saat kampanye dalam rangka menyejahterakan masyarakat yang memilihnya,” ucap Abdul Gani Kasuba, dalam sambutannya.

Muhammad Kasuba, MA Ketua DPP PKS Indonesia Timur yang juga merupakan Bupati Halmahera Selatan sebelumnya berharap Bahrain Kasuba dan Iswan Hasjim menjaga amanah dan integritas Partai Keadilan Sejahtera di mata masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan.

“Semoga Bupati dan Wakil Bupati Terpilih mampu menjalankan amanahnya dan menjaga integritas PKS di mata masyarakat Halmahera Selatan. Apalagi Bahrain Kasuba kader PKS, maka tanggung jawabnya semakin besar menjaga nama baik PKS, ucap Muhammad Kasuba disela-sela acara.

Profil Bupati & wakil bupati Halsel Periode  2016-2021

Profil Bupati Halsel

Nama                          :    Bahrain Kasuba, SPd

Tempat tanggal lahir    :    Bibinoi, 29 Januari 1967

Alamat tempat tinggal :    Desa Marabose

Jenis Kelamin              :    Laki-laki

Agama                        :    Islam

Status                         :    Menikah

Pekerjaan :

a.   Wakil Ketua DPRD Kab. Halmahera Selatan 2004-2009

b.   Ketua DPRD Kab. Halmahera Selatan 2009-2014

c.   Anggota Badan Kehormatan DPRD Prov. Maluku 2015

Profil Wakil Bupati Halsel

Nama                          :    Iswan Hasjim ST.MT

Tempat tanggal lahir    :    Ternate, 2 April 1971

Alamat tempat tinggal :    Jl. Baru Tomori Labuha Bacan,

                                         Kab. Halmahera Selatan

Jenis kelamin              :    Laki-laki

Agama                        :    Islam

Status                         :    Menikah

Pendidikan :

a.   SD Negeri Ngidi Ternate 1977-1983

b.   SMP Negeri 4 Ternate 1983-1986

c.   SMA Negeri 1 Ternate 1986-1989

d.   Institut Teknologi Nasional Bandung S1 Jurusan Teknik Sipil 1989-

e.   Institut Teknologi Bandung 1996-1998

 

Pekerjaan di bidang pemerintahan Daerah :

a.   Kasubid Perhubungan Bapedda Maluku Utara 2001

b.   Kabag umum perlengkapan Setda Kab. Halsel 2003-2005

c.   Kabag keuangan Setda Kab. Halsel 2005

d.   Direktur Perusahaan Daerah Kab. Halsel 2005-2006

e.   Kepala Bappeda Kab. Halsel 2006-2009

f.    Kepala Dinas PU dan Kimpraswil Kab. Halsel 2009-2012

g.   Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab. Halsel 2012

h.   Kepala Dinas Pendidikan Kab. Halsel 2013-2015

i.     Kepala Dinas PU dan Kimpraswil Kab. Halsel 2015

 

Related posts

Leave a Comment