Bangun Industri Pariwisata Dengan Mengusung Konsep Storynomics Tourism

Singapura,Gpriority- Untuk membangun industri pariwisata di Indonesia khususnya di kawasan destinasi super prioritas, pemerintah tengah menggodok sebuah konsep pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, dan living culture serta menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi.

Konsep yang diberi nama storynomics tourism diakui oleh pendiri SGB, platform digital  pariwisataSingapura, Tatiana Gromenko melalui rilisnya yang dikirim pada Kamis (16/1/2020) sebagai ide yang brilian. Menurutnya, baik Indonesia maupun Singapura sama-sama memiliki konten-konten yang menarik terkait tempat wisatanya sehingga perlu dinarasikan dengan kreatif dan memikat.

“Misalnya, selama ini orang Indonesia yang datang ke Singapura rata-rata ingin berbelanja dan menikmati human-made attraction yang ada di Singapura. Padahal begitu banya kisah-kisah di balik tempat-tempat unik di Singapura yang menarik untuk dielaborasi oleh wisatawan”, tuturnya.

Tatiana pun mencontohkan peninggalan perang dunia seperti Battlebox yang sarat cerita menarik di balik pembangunannya.

“Ini merupakan tempat bawah tanah anti bom yang dibangun oleh Inggris komando Malaya. Selama ini tidak banyak yang tahu tentang cerita apa dibalik tempat wisata ini.”

Menurut wanita Rusia yang fasih berbahasa Indonesia ini, konsep pariwisata dengan mengedepankan narasi kreatif memang mutlak dibutuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Singapura sendiri memiliki banyak media yang menjadi saluran dalam menyampaikan spot-spot menarik di negara kota tersebut.

Tatiana juga berharap agar Singapura dan Indonesia bisa bekerjasama kedepannya dalam membantu industri pariwisatanya masing-masing dengan menggunakan konsep storynomics seperti ini. Apalagi menurut Tatiana,letak geografis dua negara ini sangat berdekatan, jadi sangat layak untuk bisa berkolaborasi di industri ini.(Hs)

 

Related posts