Beragam Acara Menarik Hadir di MUFFEST 2019

Jakarta,Gpriority-Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO) kembali menggelar perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 pada tanggal 1-4 Mei 2019 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Tujuan digelarnya MUFFEST 2019 dimaksudkan untuk turut memajukan industri fashion mus|im indonesia dan mewujudkan lndonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.

“MUFFEST 2019 akan hadir dengan meningkatkan kualitas produk fashion muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi, termasuk mengarahkan pada konsep sustainable fashion. Dengan target Indonesia sebagai barometer fashion muslim dunia, MUFFEST 2019 berupaya menggaungkan tawaran Trend Fashion Muslim 2020 yang diarahkan sebagai identitas busana muslim lndonesia,” tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber saat jumpa pers yang berlangsung di Merak Room 1,Jakarta Convention Center (JCC),Senayan, Jakarta pada Senin (22/4).

Apriani selaku General Manager Operations PT Dyandra Promosindo memaparkan, MUFFEST diharapkan dapat menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim Indonesia dan mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion muslim dunia. “Kami berupaya agar penyelenggaraan MUFFEST 2019 secara keseluruhan Iebih berkualitas, baik bagi pengunjung dan peserta pameran hingga stakeholders terkait,” ucap Apriani.

Lebih lanjut dijelaskan Apriani MUFFEST 2019 akan menghadirkan beragam acara mulai Exhibition (pameran dagang) ritel atau BZC (Business to Customer) yang mengarah pada 823 (Business to Business), Fashion Presentation, Talkshow, Seminar, Fashion Design Competition serta Fashion Show yang menampilkan ragam gaya busana muslim karya desainer Indonesia, mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 bertema Singularity.

Rangkaian acara pre-event MUFFEST yang inspiratif dan interaktif juga kembali digelar tahun ini, meliputi Elzatta x Modest Young Designer Competition (MYDC) supported by Asia Pacific Rayon yaitu kompetisi untuk para desainer muda dalam menunjukkan kreativitas di bidang fashion muslim.
Pendaftaran MYDC 2019 yang mengusung tema desain “Neo Medieval” atau “Exhuberant”, berlangsung pada tanggal 18 Februari-8 Maret 2019.

Roadshow MYDC 2019 pun dilakukan ke-sembilan sekolah mode di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi, Dewan Juri memilih 15 finalis MYDC 2019 yang selanjutnya mendapatkan coaching dari IFC, Elzatta, dan APR untuk menampilkan karyanya di ajang MUFFEST 2019 dan menentukan pemenang MYDC 2019. Publik dapat ikut serta memilih pemenang MYDC Favorit melalui open voting di media sosial pada tanggal 1-20 April 2019.

Selain itu, ada pula Wardah NEXT FACE MUFFEST 2019, yaitu kompetisi untuk para perempuan muda muslim yang menggemari dunia fashion, modis, cerdas, dan berkepribadian baik. Proses kompetisi yang berlangsung pada tanggal 27 Maret hingga 10 April 2019 ini telah menentukan 15 finalis NEXT FACE. Untuk memilih pemenang NEXT FACE Favorit dapat dilakukan melalui open voting di media sosial pada tanggal 15-23 April 2019.

Kemudian, digelar pula Wardah Make Up and Hijab Do Competition, yaitu kompetisi untuk para make up enthusiast dan hijab stylist yang berlangsung pada tanggal 9-23 April 2019. Pengumuman pemenang kedua kompetisi yang diselenggarakan oleh Wardah ini akan berlangsung pada acara MUFFEST 2019.

Untuk tahun ini, MUFFEST 2019 mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah, yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif. Serta didukung oleh Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up, dan pihak sponsor lainnya, yaitu Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon. Dan turut menggandeng community partner, yakni Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).

Andi Djoewarsa selaku VP of Marketing Tokopedia menyambut baik kerja sama dengan MUFFEST, “Kami melihat keselarasan visi Tokopedia dengan MUFFEST 2019 dalam menciptakan peluang bagi seluruh masyakarat, termasuk bagi desainer fashion muslim tanah air. Selain itu, kolaborasi ini sejalan dengan campaign kami yaitu Selaksa Rupa yang bertujuan untuk menyatukan kekayaan budaya Indonesia melalui keanekaragaman pilihan, desain, dan gaya fashion dari kolaborasi desainer fashion muslim ternama di Indonesia.”

Lebih lanjut dikatakan Andi, “Kami berharap komitmen Tokopedia untuk mendorong pergerakan ekonomi digital serta mendukung para kreator lokal terus berjalan melalui kerja sama ini.”

Tokopedia, yang memiliki lebih dari 2.000 mitra menghadirkan jutaan produk pilihan berkualitas dan bermerek menawarkan berbagai kemudahan bagi pengguna Tokopedia berupa Gratis Ongkir Sepuasnya di toko-toko yang berpartisipasi. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan voucher cashback untuk setiap pembelian produk fashion muslim di Official Store.

Acara jumpa pers MUFFEST 2019 diakhiri dengan penampilan dari Trunk Show koleksi modest wear karya desainer Indonesia yang akan berpartisipasi dalam MUFFEST 2019, yakni Ria Miranda, Ayu Dyah Andari, Mandjha Hijab Ivan Gunawan Premium Collection, Sofie, Raegitazoro, Hannie Hananto, Noore, Aldre’, dan lrna Mutiara.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment