Berdasarkan Transaksi dan Pengunjung, AOE Mengalami Peningkatan Dalam Setiap Tahunnya

Jakarta,Gpriority-Kamis  (27/11) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  melaunching Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2020 di Ballrom Kantor Apkasi Sahid Sudirman Center Lantai 21, Jakarta Pusat . AOE 2020 akan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 24 hingga 26 Juni 2020.

Dijelaskan oleh Pj. Direktur Eksekutif APKASI Professor M. Ryaas Rasyid, MA. PhD, Apkasi Otonomi Expo sudah 15 kali berlangsung dan di tahun 2020 merupakan acara yang akan digelar untuk ke-16 kalinya.Ryaas Rasyid pun mengaku bangga dengan adanya AOE ini karena dalam setiap tahunnya mengalami peningkatan baik dalam jumlah peserta maupun transaksi.

Terkait dengan lokasi yang masih tetap dilaksanakan di JCC, Ryaas Rasyid mengatakan bahwa  JCC merupakan jantung strategis di ibukota. Dan mudah diakses karena banyak transportasi umum yang menuju ke sana. Terkait dengan adanya  pilkada. Ryass mengatakan tidak akan berpengaruh dengan keikutsertaan kabupaten di AOE 2020, karena berhubungan langsung dengan incumbent.

“Untuk biaya,  saya pikir tidak terpengaruh dengan pilkada karena sudah dialokasikan. Saya berharap kabupaten tetap semangat untuk ikut expo dan harus banyak gebrakan agar produk semakin diminati. Jangan lupa promosi pariwisata, karena kedepan jasa pariwisata mempunyai prospek yang sangat bagus,” ujar Ryaas Rasyid.

Ryaas Rasyid juga mengatakan bahwa AOE ini merupakan  salah satu kegiatan yang bagus  untuk mempromosikan daerah baik produk maupun pariwisatanya sehingga buyers mau berinvestasi.

“ Bagi kabupaten yang sudah berinovasi mempermudah perijinan sebaiknya diekspos juga  di acara ini. Dengan banyaknya investor yang masuk maka kemiskinan, kesenjangan sosial dan peningkatan ekonomi bisa teratasi,” tambah Ryaas Rasyid.

Wakil Ketua Umum apkasi Al Haris yang juga menjabat sebagai Bupati Merangin mengatakan,”  Di tahun 2020 banyak sekali agenda yang diadakan termasuk pilkada. Tapi agenda tersebut tidak akan mempengaruhi digelarnya AOE pada bulan juni ini. Terkait dengan AOE, saya melihat semakin banyak peningkatannya termasuk daya saing daerah. Saya berharap kabupaten bisa menampilkan produk daerahnya yang terbaik sehingga menarik investor”.

Haris juga mengatakan, 15 kali event ini  digelar ini dirinya melihat banyak sekali peningkatan yang sangat luar biasa dan berdampak cukup signifikan bagi daerah.

“ Dari event yang terselenggara ini. Perputaran ekonominya sangat luar biasa. Jadi kita bersyukur bahwa peserta dan perputaran uangnya mengalami peningkatan. Dari data yang diperoleh Apkasi tahun kemarin, tercatat  10 ribu orang baik investor maupun buyers hadir di expo. Untuk itulah saya berharap agar kabupaten yang aktif di AOE bisa semakin banyak.,” tutup Haris.(Hs.Foto:Hs)

Related posts