Bersama Kita Bisa

“Bersama kita bisa” itulah kalimat yang dilontarkan oleh Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat setelah dirinya terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) periode 2017-2021.

Erlan mengatakan demikian, karena banyak yang beranggapan bahwa PDAM begitu lemah berdasarkan catatan nota keuangan/APBN RI 2018. Untuk itulah PERPAMSI mesti berbuat banyak untuk memperbaiki catatan Nota Keuangan/APBN tersebut.

Erlan juga mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir untuk melakukan kerjasama baik antar PDAM maupun dengan pelaku SPAM lainnya, termasuk swasta. “ Kuncinya adalah cermat, setara dan lincah atau good coorporate governance (GCG),” ucapnya.

Erlan-Haris Terpilih Sebagai Ketua dan Wakil Ketua Perpamsi

Erlan yang berpasangan dengan Haris Yasin Limpo, Direktur Utama PDAM Kota Makasar terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua PERPAMSI mengungguli Sutedi Raharjo (Direktur Utama PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara) yang berpasangan dengan I Ketut Golak (Direktur Utama PDAM Kabupaten Badung, Bali).

Terpilihnya Erlan dan Haris di Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) XIII 2017,  Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, 6-8  Desember 2017 diharapkan bisa membawa PERPAMSI, PDAM semakin maju lagi.

Selain pemilihan ketua dan wakil ketua, sejumlah agenda penting dan krusial terkait air minum, dibahas serta dirumuskan dalam penyelenggaraan MAPAMNAS.

MAPAMNAS yang diikuti sekira 1.000 peserta, dari 436 PDAM seluruh Indonesia, merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi PERPAMSI. Kegiatan yang mengambil tema “Pemenuhan Hak Rakyat Atas Air” dihadiri oleh para pemilik hak suara yakni setiap PDAM/operator air minum swasta yang diwakili oleh jajaran direksi dari seluruh Indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 436 entitas (PDAM/swasta/BLUD).

Dalam acara ini pula, PERPAMSI memberikan penghargaan “PERPAMSI Award” kepada para Kepala Daerah yang sudah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap pelayanan air minum di wilayahnya masing-masing. Juga penghargaan kepada PDAM yang memiliki kinerja dan pelayanan terbaik. PERPAMSI Award diberikan untuk memotivasi daerah/PDAM agar lebih serius menangani air minum di wilayahnya masing-masing. (GP-1.Foto:dok Perpamsi)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment