Bike To Work, Bikin Sehat Para Pekerja

Ingin hidup sehat? Gunakanlah sepeda ketika Anda berangkat ke kantor. Di jamin hidup Anda akan terus sehat hingga akhir hayat nanti.

Gaya hidup masyarakat kota yang minim pergerakan, diakibatkan kemajuan teknologi dan berkurangnya lahan untuk berolahraga  membuat sistem kerja jantung dan pembuluh darah serta berat badan menjadi tidak optimal, sehingga menyebabkan penyakit seperti diabetes, jantung dan hipertensi.

Sebagian masyarakat perkotaan pun juga menyadarinya, untuk itulah menaiki sepeda ketika berangkat ke kantor menjadi solusinya.

Menurut Ketua B2W Indonesia, Poetoet Soedarjanto, ada banyak keuntungan ketika menggunakan sepeda ke kantor (bike to work). Yang pertama, berolahraga setiap hari. Kedua, menghindari kemacetan. Ketiga, menguatkan otot tubuh, kaki, pinggul paha, lutut serta meningkatkan kardiovaskular sekitar 3-7 %. Keempat, berdasarkan riset studi yang dilakukan sebuah universitas di Glasgow, Skotlandia, kebiasaan bersepeda mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diabetes, hipertensi dan jantung. Kelima, ketika bersepeda tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang memicu rasa nyaman, bahagia, mengurangi rasa sakit dan mereduksi stres.

Banyaknya keuntungan yang didapat, membuat orang-orang mulai beralih ke sepeda. Hal ini pulalah yang membuat alat transportasi roda dua tanpa mesin tidak bisa dipandang remeh lagi. Dikarenakan harganya yang semakin mahal.

Melambungnya harga sepeda tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli sepeda, lihat saja di sepanjang jalan BSD (Bumi Serpong Damai), Tangerang, JPG (Jalur Pipa Gas) Cimanuk, Jalur Puncak (sekitar Jakarta), Cangkringan-Kaliurang (utara Yogyakarta), atau Wonorejo (Surabaya), bisa kita lihat puluhan orang tengah bersepeda ke kantor.

Maraknya pengguna sepeda ke kantor menjadikan mereka membentuk komunitas, salah satunya adalah B2W. Menurut  Poetoet Soedarjanto, B2W dibentuk pada tahun 2005 oleh Komunitas Pekerja Bersepeda. B2W lahir dikarenakan keprihatinan akan kemacetan, pemborosan energi dan meningkatnya polusi yang akan berakibat pada degradasi kecerdasan serta mental manusia di Indonesia.

Hadirnya B2W mampu membawa dampak positif bagi daerah perkotaan, sebab seusai dideklarasikan, banyak masyarakat yang bergabung di B2W dan memilih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ke kantor. Dengan demikian, hidup sehat, bebas macet dan mengurangi polusi yang digaungkan oleh pemerintah kota sudah terealisasi. (HS.Foto:Dok. Poetot)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment