Bonifasius Belawan Akui Pentingnya Penekanan Inflasi Daerah

Terjadinya inflasi dapat berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian di tingkat daerah hingga nasional. Upaya pengendalian inflasi tengah dijalankan baik di tingkat pusat maupun daerah, tak terkecuali Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

“Pertumbuhan ekonomi memang penting. Tetapi dalam menekan inflasi, tidak kalah penting,” lugas Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Kamis (26/7). Bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Bonifasius menyatakan bahwa Rakornas TPID ini sangat penting sebagai sarana pemerintah daerah dalam penyelaras dan koordinasi dengan pemerintah pusat guna menangani inflasi daerah.

Menurutnya, Pemkab Mahulu saat ini telah melaksanakan sejumlah program guna menekan inflasi. Salah satu program tersebut ialahpelayanan transportasi Subsidi Ongkos Angkut (SOA) baik barang dan manusia. Hal itu tentunya juga beriringan dengan adanya pembangunan infrastruktur yang telah menjadi prioritas dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Mahulu.

Guberbur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dalam sambutannya, berkomitmen agar akselerasi pembangunan infrastruktur berjalan semakin kuat dan optimal. Setali tiga uang, Presiden Joko Widodo pun berharap agar upaya-upaya pengendalian inflasi tersebut harus terus dilakukan. “ini harus terus ditindaklanjuti. Karena saya lihat koordinasi pusat dan daerah semakin baik. Saya harap ini bisa lebih ditingkatkan lagi untuk menekan inflasi pada periode ke depan,” tuturnya.

Presiden pun mengungkapkan kebahagiaannya karena dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, Indonesia mampu menekan inflasi hingga di bawah angka 4 persen.Untuk itu, ia bersama Gubernur BI pun  merasa sangat berterima kasih kepada semua pihak termasuk kepala daerah atas pencapaian tersebut.

Rakornas TPID tersebut dihadiri pula Menko Perekonomian Luhut B Panjaitan dan Menteri Kabinet Kerja serta seluruh kepala daerah dari masing-masing kabupaten/kota. Dengan tema “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Mendorong Momentum Pertumbuhan Ekonomi yan Inklusif serta Berkualitas”, rakornas ini merupakan agenda tahunan yang berujuan untuk menyelaraskan upaya pengendalian inflasi di tingkat pusat maupun daerah. (adv)

Related posts

Leave a Comment