Buat Suasana Mudik Nyaman Menggunakan Mobil

Mudik menggunakan mobil pribadi maupun rental menjadi pilihan pada saat ini.Pasalnya tidak perlu antri tiket.

Meskipun demikian tetap saja ada hal yang membuat Anda tetap merasa tidak nyaman yakni kemacetan meskipun jalan sudah diperlebar. Hal yang sangat wajar mengingat semua orang ingin kembali ke kampung halamannya.

Berbekal alasan itulah, penulis ingin membuat mudik lebaran dengan kendaraan pribadi menjadi lebih nyaman meskipun ditimpa kemacetan. Ini dia tipsnya:

1.Lakukan Pengaturan Barang Bawaan Dengan Baik
Saat mudik, kebanyakan orang akan membawa barang yang tidak sedikit. Mulai dari barang bawaan masing-masing anggota keluarga hingga oleh-oleh yang akan dibawa untuk keluarga di kampung halaman. Akibatnya, mobil jadi penuh sesak. Oleh karena itu, agar perjalanan tetap nyaman, maka Anda perlu mengatur penempatan barang bawaan dengan baik.

2.Berkendara Sesuai Kemampuan
Saat melakukan perjalanan jauh, jangan pernah memaksakan diri saat mulai terasa lelah. Usahakan untuk menepi dan beristirahat di tempat yang aman dan sudah disediakan jika tubuh dirasa sudah penat dan butuh istirahat. Akan lebih baik jika saat mudik atau melakukan perjalanan jauh, Anda memiliki teman perjalanan yang dapat diajak bergantian mengemudi.

3.Pahami Jalur Perjalanan
Meski sudah terbiasa melakukan perjalanan mudik dan sudah hapal jalur mudik, tetap pelajari perubahan kondisi perjalanan yang terjadi setiap tahun. Penambahan titik-titik peristirahatan, pos kesehatan dan juga berbagai letak fasilitas umum seperti posko mudik, SPBU, pos servis kendaraan akan sangat bermanfaat untuk diketahui. Anda dapat mengetahui semua tempat ini dengan membaca berita arus mudik atau juga menggunakan berbagai aplikasi yang terdapat pada smartphone anda.

4.Pastikan Kondisi Mobil Prima
Melakukan perjalanan jauh maka harus memastikan jika mobil dalam kondisi yang prima. Lakukan pemeriksaan dan perawatan lengkap sebelum melakukan perjalanan. Cek setiap komponen penting mobil seperti kelistrikan, mesin, kaki-kaki, rem dan juga berbagai fitur lain yang dirasa penting.

5.Bawa Koleksi Musik Kesukaan Anda
Perjalanan jauh terkadang membuat kita merasa bosan. Tak ada salahnya untuk menyiapkan koleksi musik kesukaan yang dapat membuat anda bersenandung selama berkendara. Selain sebagai hiburan untuk mengusir bosan, bersenandung juga membuat anda menjadi lebih mudah terjaga dan tetap berkonsentrasi saat mengemudi.(Hs)

Related posts

Leave a Comment