Budaya Kalimantan Hadir Pada IFW 2019

Jakarta,Gpriority-Ajang Fashion terbesar di Indonesia, lndonesia Fashion Week 2019 pada rabu (27/3) resmi di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan sendiri berlangsung meriah dengan menampilkan fashion show dari puluhan desainer yang akan turut berkolaborasi selama lima hari ke depan (27-31 Maret) .

Acara sendiri dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Luar Negeri, UN Global Compact,Kedutaan Besar negara sahabat dan desainer asal Myanmar, May Myat Waso. Selain itu banyak pula tamu dari luar negeri yang turut hadir untuk menyaksikan pagelaran busana selama lndonesia Fashion Week 2019.

Indonesia Fashion Week 2019 semakin menarik dan mendapat perhatian dunia internasional karena tidak hanya mencakup ranah budaya, tetapi juga pariwisata. Tahun ini, lFW menitikberatkan budaya dari Kalimantan yang menjadi inspirasi perayaan budaya pada pergelaran lFW 2019. Melalui penggunaan bahan baku seperti kain tenun, songket, dan batik dari berbagai wilayah di lndonesia maupun motif perisai, flora dan fauna Kalimantan yang menginspirasi detail pada desain busana.

“Belum banyak yang mengangkat khasanah budaya Kalimantan, padahal rumpun masyarakat Kalimantan yang terdiri dari beberapa etnis utama yaitu; Melayu, Dayak, Banjar, Kutai dan Dayak Paser makin memberikan nuansa unik. Untuk itulah pada tahun ini IFW mengangkat budaya Kalimantan. Budaya Kalimantan bisa dilihat daei seluruh desain tempat penyelenggaraan lFW 2019 hingga busana para icon model yang digunakan desainer sebagai sumber inspirasi dan imajinasi rancangan mereka, sehingga budaya Kalimantan dapat makin dikenal luas melalui hasil karya para perancang busana.” papar Poppy Dharsono, Presiden lFW/ Ketua Umum APPMI dalam acara pembukaan lFW 2019.

Dengan mengusung khasanah kekayaan Indonesia termasuk Kalimantan. Poppy berharap IFW 2019 dapat mengharumkan nama Indonesia di mata Internasional.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment