Budaya Lokal dan Tionghoa Terpadu Dalam Festival Cisadane 2019

Jakarta, Gpriority-Pemerintah Kota Tangerang kembali menggelar Festival Cisadane di tengah Sungai Cisadane.

Sama seperti tahun sebelumnya festival yang digelar pada tanggal 26 Juli hingga 3 Agustus 2019 menampilkan budaya lokal dan juga tionghoa seperti iring-iringan perahu nelayan berornamen naga, tari Lenggang Cisadane hingga pencak silat yang dilakukan di atas jembatan apung.

Meskipun demikian ada perbedaan dari penyelenggaraan sebelumnya, yakni kostum yang digunakan para pejabat daerah, pimpinan OPD, ASN dan juga masyarakat seseperti yang diperlihatkan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama wakilnya, Sachrudin ketika menaiki perahu naga pada jum’at sore (26/7). Walikota dan Wakil Walikota Tangerang tersebut menggunakan pakaian khas adat Betawi. Sementara ada beberapa staf-stafnya menggunakan pakaian superhero hingga bajak laut.

Terkait dengan paduan budaya lokal dan Tionghoa, Arief mengatakan, festival yang sudah berjalan selama sembilan tahun berturut-turut itu memang kental dengan adat tionghoanya yang memang sudah menetap sejak tahun 1700 di bantaran Sungai Cisadane.

“Dulu sekali, karena kebiasaan masyarakat Tionghoa merayakan Peh cun,yang berarti mendayung. Kini jadi festival tahunan wajibnya warga Tangerang,” kata Arief, Jumat (26/7).
Sementara kebiasaan Peh Cun masih tetap dilestarikan warga Tionghoa di Kota Tangerang hingga kini.

Terlihat jelas dari banyaknya perahu-perahu khas Tionghioa dengan sentuhan ukiran naga yang hilir mudik di aliran Cisadane, terutama di sepanjang Jalan Kali Pasir Kecamatan Tangerang dan juga seberangnya, Kecamatan Karawaci.
Arief melanjutkan, Sungai Cisadane yang membentang lebih dari 10 Km itu, punya nilai kehidupan bagi warganya.

Festival tahunan yang berlangsung dari hari ini hingga 3 Agustus mendatang juga dilengkapi kompetisi internasional ‘Perahu Naga’ atau Dragon Board.
“Atletnya sudah banyak yang datang, hadir dari Australia juga tadi. Semua dilakukan di atas Sungai Cisadane,” jelas Arief.

Sedangkan, Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang telah mempersiapkan sejumlah artis papan atas sebagai bintang tamu di Festival Cisadane.

Kepala Bidang Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridholloh mengatakan, dalam pagelaran tersebut akan dimeriahkan oleh artis papan atas seperti Nidji, Kotak dan seniman lokal asal Tangerang lainnya.

“Setiap tahun kita mempunyai tema yang berbeda dan konsep acara yang berbeda. Tetapi kami selalu melibatkan seniman lokal untuk bisa meramaikan event Internasional ini,” kata Rizal.

Dengan dihadirkannya artis papan atas tersebut serta beragam rangkaian acara menarik sejak hari pertama hingga ketiga, banyak wisatawan yang menyaksikan Festival Cisadane 2019.(Hs)

Related posts

Leave a Comment