Budi Ubrux Gelar Pameran di Galnas Bertema “ Indonesia”

Mulai tanggal 3 hingga 13 Agustus 2017, seniman ternama asal Yogyakarta, Budi Ubrux mengadakan pameran seni tunggalnya di Gedung B Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Pameran yang bertajuk “ Indonesia” ini memuat karya-karya dengan bingkai bertema nasionalisme namun tidak melepaskan ciri khas ubrux yakni lukisan koran. Pelbagai lukisan koran diterapkan pada karya tiga dimensi yang dibuatnya seperti nasi bungkus, kursi tamu, senapan mesin, motor vespa kayu, mesin gergaji dan beberapa patung.

Ketika ditemui penulis sebelum acara pembukaan, Budi mengatakan,  tema ini diambil karena dirinya terinspirasi para pendiri media cetak koran sebelum negara ini bernama Indonesia. “ Sebelum Indonesia merdeka berdiri dulu surat kabar bernama De Locomotief. Dari surat kabar inilah muncul surat kabar pribumi lainnya yang menjadi cikal bakal pergerakan nasional Indonesia yang dimotori oleh kaum terpelajar,” ucapnya.

Ditanya mengenai karya apa saja  yang menggambarkan nasionalisme, Budi mengatakan ada banyak termasuk kursi tamu di ruang depan pameran yang berjudul “ mereka yang terhormat”. Budi menjelaskan, pada karya tersebut tertera judul pelbagai koran pada zaman kolonial Belanda beserta nama-nama tokoh pergerakan nasional seperti Soekarno, Hatta, RA Kartini, Tirto Adi Suryo, Van Deventer, Eduard Douwes Dekker, Ernest Francois Eugene Douwes Dekker, Pieter Brooshoof, Abendanon dan pejuang lainnya.

Budi berharap karya seni yang dibuatnya bisa dinikmati pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan.(HS)

Related posts

Leave a Comment