Bupati dan Wakil Bupati Pertama Mahulu Fokus Pembangunan Infrastruktur

Setelah dua periode dipimpin PLT Bupati, Kabupaten Mahakam Ulu kini resmi dipimpin oleh bupati dan wakil bupati definitif yang akan bertugas hingga lima tahun ke depan.

Bonifasius Belawan Geh dan Y. Juan Jenau terpilih sebagai bupati dan wakil bupati pertama  Mahakam Ulu.  Bonifasius Belawan Geh dan Y.Juan Jenau resmi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Mahakam Ulu periode 2016 – 2021bersama lima kepala daerah se-Kalimantan Timur di Plenary Hall Sempaja Samarinda,olehGubernur Kalimantan Timur DR. H. Awang Faroek Ishak, Rabu (17/2) silam.

Prosesi pelantikan disaksikan olehribuan undangan, termasuk Pj Bupati Mahakam Ulu Frederik Bid, Sekretaris Kabupaten Berau Yohanes Avun,  pimpinan dan anggota DPRD Mahakam Ulu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD),para pimpinan satuan kerja perangkat daerah, camat se-Mahakam Ulu,tokoh pemuda, adat, agama serta masyarakat Mahakam Ulu.

Seusai pelantikan, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh mengatakan kepada media peliput, akanmengalokasikandana APBD Mahakam Ulu sebesar Rp 3 sampai 6 miliar per tahunnya kesetiap kampung, sehingga dalam kurun waktu lima tahun, pembangunan di kampung akan nampak terasa dan masyarakat menjadi lebih sejahtera.

Sedangkan Wakil Bupati Y.Juan Jenau mengatakan, kami  berdua siap melaksanakan tugas, kewajiban dan tanggungjawab sebagai kepala daerah sesuai dengan visidanmisi yang telah disiapkan.

Keesokan harinya Bupati,wakil bupati bersama rombongankembali keIbu Kota Mahakam Ulu Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagundengan menggunakan speedboat. Tepat pukul 10.30 Wita, bupati, wakil bupati beserta rombongan tiba di di ilir Kampung Ujoh Bilang. Kemudian rombongan diarak menggunakan longboat, speedboatdan ketinting yang dihias mengunakan ornamen ciri khas Dayak Mahakam Ulu, menuju pelabuhan Kampung Ujoh Bilang.

Disana, bupati serta wakil bupati  langsung mendapat sambutan hangat dari seluruh Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, siswa SD, SMP, SMA, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta seluruh masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu yang mengunakan baju khas daerah Kabupaten Mahakam Ulu.

Menurut Sekretaris Kabupaten Yohanes Avun, Prosesi penyambutan inimemangdisiapkan oleh masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu. Tujuannya untukmenyambut kedatangan kedua pemimpin yang nantinya bisa menjadi harapan, bagi seluruh masyarakat Mahakam Ulu untuk membawa pemerintahan Kabupaten Mahakam Ulu yang lebih baik, merata dan semakin sejahtera.

Senada dengan Yohanes,  Benidiktus Bit selaku kepala adat menyampaikan, prosesi dari budaya adat yang baru saja dilakukanmerupakan  tanda ucapan syukur dari kita masyarakat Kabupaten Mahakam karena  Tuhan telah memilih pemimpin untuk kabupaten kita ini.

“Jadi apabila sudah memimpin Kabupaten Mahakam Ulu ini, saya berharap Bupati dan Wakil Bupati ini dapat mensejahterakan seluruh masyakat Kabupaten Mahakam Ulu, dapat memajukan Pembangunan Kabupaten Mahakam Ulu baik dari infrastruktur dasar maupun hal-hal lainnya,”ujarnya menutup perbincangan.

Bersatu untuk Mahakam Ulu

Sebagai bentuk ucapan syukur atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu definitif periode  2016 – 2021, Masyarakat mengadakan acara malam syukur dengan mengambiltema “Bersatu Untuk Mahakam Ulu”. Acara  yang dilaksanakan pada sabtu (5/3) bertempat di lapangan sepak bola Ujoh Bilang, Kecamatan Mahakam Ulu.

 Pukul 15.00 Wita, Masyarakat Mahakam Ulu mulai berdatangan. Satu jam kemudian, acara dimulai denganmelakukanmisa syukur yang dipimpin oleh Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjanto MSF.

Setelahmisa syukur yangberlangsung selama 2 jam usai, acara dilanjutkan dengan tari-tarian. Sebagai tari pembuka dihadirkantarian kolosal yang melibatkan ratusan anak sekolah se-Mahakam Ulu. Tarian kolosal ini mengambarkan tentang drama kehidupan sehari-hari masyarakat Mahakam Ulu, perjuangan pemekaran kabupaten Mahakam Ulu hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan Y Juan Jenau.

Usai tari kolosal, acara berlanjut ke tari-tarian dari berbagai sanggar seni dari kelima kecamatan yang dimulai dari Kecamatan Long Bagun,  Long Hubung, Laham, Long Pahangai,Long Apari dan Sanggar Tari Apo Punyat. Berlanjut  dengan penyerahan cinderamata dari Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Mahakam Ulu kepada Penjabat Bupati Mahakam Ulu Frederik Bid.

Bupati juga menyampaikan pidato pertamanya dihadapan masyarakat. Dalam pidatonya beliau berkata akan melaksanakanprogram pembangunanMahuluselama 5 tahunkepemimpinannya. Sebagai langkah awal, beliau akan melakukan pembangunan di sektor infrastruktur.

“ Insfrastruktur jalan dan jembatan yang menghubungkan Mahakam Ulu dengan daerah disekitarnyajumlahnya sangat terbatas. Untuk itu kami akan membuka jaringan jalan yang menghubungkan Mahakam Ulu dengan Kutai Barat, selain itu jalan penghubung antar kecamatan akan kita bangun secara bertahap”, tutur Bonifasius.

Lebih lanjut dikatakan oleh Bonifasius, pemerintah daerah akan menyusun rancangan pembangunan jaringan jalan dan jembatan yang bersifat utuh dan menyeluruh untuk mempercepat proses pembangunan.

Beliau juga mengatakan  akan meningkatkan fasilitas tenaga listrik.Khusus untuk kampung-kampung yang belum terjangkau oleh jaringan listrik,  akan diupayakan penyediaan sel surya, selain itu melalui koordinasi dengan PLN akan meningkatkan manajemen PLN pedesaan, yang tidak kalah pentingnya juga adalah fasilitas air bersih akan ditingkatkan melalui kerjasama dengan pihak ketiga.

Selanjutnya Pemerintah Daerah juga akan membangun komplek Perkantoran terpadu yang besifat permanen yang berlokasi di Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun. Kompleks tersebut  akan berfungsi sebagai tempat pelayanan publik dan pelayanan administrasi pemerintah yang bersifat terpadu.

 Pemerintah daerah juga akan memacu pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan yang nantinya akan menjadi sektor unggulangunakemajuan ekonomi Kabupaten Mahakam Ulu.

Dari bidang pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan membangungedungSMA dan SMK.  Melalui kerjasama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Timur, Pemkab juga telah menyediakan 500 beasiswa untuk siswa yang berprestasi  guna melanjutkanpendidikankeperguruan tinggi.

Dalam bidang kesehatan,  akan dibangun Puskesmas rawat inap disetiap Kecamatan,Puskesmas Pembantu, serta pondok bersalin di setiap kampung. Puskesmas berjalan yang selama ini sudah berjalan juga tetap diadakan. Tujuannya demi menyehatkan semua masyarakat yang berada di wilayahnya.

Di pidato penutupnya, beliau juga berpesan agar masyarakat bersatu padu untuk membangun Mahulu menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera.

Setelah itu, acara berlanjut dengan hiburan dari artis ibukota Samarinda, Trio Macan, Om Mariot Penyanyi Kalteng dan penyalaan kembang api selama 15 menit. (Humas Mahulu/HS. Foto: Humas Mahulu)

 

 

Related posts

Leave a Comment