Bupati Fakfak Mohammad Uswanas : Penataan Tata Ruang Harus Menjadi Sesuatu Produktif

Jakarta,Gpriority-Kamis (19/12/2019)Bupati Fakfak DrDrs. Mohammad Uswanas-M.Si  menghadiri Rakornas Rapat kordinasi lintas sektor dalam rangka pembahasan rencana detail tata ruang di Sheraton Hotel Gandaria City,Jakarta.

Dalam Rakornas tersebut Mohammad Uswanas menyampaikan kalau bicara soal penataan ruang mungkin menjadi suatu problem bagi semua daerah.Tentu ada yang tidak sama antara daerah satu dan daerah lain seperti Papua.

” Papua cukup rumit, saya kira bapak bapak dari dari bagian pertanahan pusat tahu persis salim klaim dan sebagainya. Ini merupakan suatu dinamika yang tidak bisa dipisahkan dalam strategi perencanaan pembangunan Nasional,” ucap Mohammad Uswanas.

“Oleh sebab itu maka dengan luas wilayah yang cukup besar tentu kita membutuhkan pola ruang yang dinamis dan produktif,” tambah Mohammad Uswanas.

Mohammad Uswanas juga ingin menyampaikan bahwa luas kabupaten Fakfak adalah 14.320.000 kilometer persegi.

Fakfak sendiri seperti dituturkan Mohammad Uswanas merupakan kabupaten administrasi tertua di Tanah Papua.Wilayahnya sebelum pemekaran sangat luas sekali sampai dengan Mimika, kemudian dimekarkan menjadi beberapa kabupaten sehingga luas yang mencapai 80.000 kilometer persegi menjadi 14.320.000 Km2.Bupati juga menjelaskan  bahwa penandatangan freport pertama di Fakfak. Tidak hanya itu beliau juga menjelaskan tentang jumlah pulau dan penduduk serta potensi ekonomi dan karakter masyarakat yang religius, toleransi tinggi dan lain sebagainya.

” Saya kira merupakan hal yang penting disampaikan. Karena selama ini banyak yang berpikiran bahwa kota hanyalah tempat pemukiman,” jelas Mohammad Uswanas.

Mohammad Uswanas juga menjelaskan tentang rata-rata mekanisme pembangunan di wilayah-wilayah kabupaten induk yang dibentuk berdasarkan undang-undang tahun 1969. ” Di tahun tersebut sudah ada UU tentang pembentukan provinsi Irian Barat dan 9 Kabupaten/Kota administratif. Ini mengalami pemekaran karena adanya DOB.Sehingga harus ditetapkan pula batas-batas wilayah termasuk ruang dan sebagainya, sehingga beberapa peraturan di Fakfak mengalami perubahan dalam waktu yang tidak terlalu lama . Oleh sebab itu selaku Bupati, saya berharap kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik dan mudah mudahan kementerian dapat menyetujui apa-apa yang menjadi harapan kita dalam rencana penyusunan detail tata ruang dan peraturan zonasi kawasan perkotaan Fakfak tahun 2019-2039. mudah-mudahan tidak ada lagi pemekaran sehingga tidak perlu dirubah lagi,” tutur Bupati Uswanas.

Ditemui seusai acara, Mohammad Uswanas mengatakan , Papua ini besar dan ada pemekaran yang sangat banyak . Otomatis perencanaan-perencanaan lama yang sebenarnya tinggal merevisi beberapa point saja jadi berubah total dalam rangka resturukrisasi.”  Oleh sebab itu saya pikir penting ada penataan ruang ulang. Untuk itulah kami mengirimkan surat substansi rencana detail tata ruang dan peraturan kawasan perkotaan Fakfak Provinsi Papua Barat kepada Kementerian ATR/BPN  supaya mendapat persetujuan untuk diperdakan ,” ujar Uswanas.

“ Salah satu poin yang disampaikan adalah bagaimana kita melihat penataan tata ruang itu harus menjadi sesuatu yang produktif jadi bukan sekedar hunian saja. Dan ini harus menjadi komitmen supaya menjadi landmark,” tutup uswanas.  

Related posts