Bupati Kutim Ismunandar ; Permudah Perizinan di Kutim

Rabu (28/3), Bupati Kutai Timur Ismunandar menghadiri rapat kerja pemerintah tahun 2018 tentang percepatan pelaksanaan berusaha di daerah.

Rapat kerja yang dihadiri oleh bupati/walikota dan ketua DPRD se Indonesia ini dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki pekerjaan rumah sebanyak 42.000 regulasi yang membuat pemerintah  tidak bisa bergerak cepat. Ke-42 ribu regulasi yang dimaksud mulai dari undang-undang, peraturan presiden, peraturan pemerintah, peraturan menteri, peraturan daerah, peraturan gubernur, peraturan walikota dan peraturan bupati.

“Hati-hati, regulasi-regulasi seperti itu dengan perubahan dunia yang sangat cepat sekarang ini justru akan menjerat kita sendiri, tidak fleksibel dalam membuat kebijakan, dalam memutuskan sebuah kebijakan,” kata Presiden Jokowi pada Rapat Kerja Pemerintah mengenai Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah, di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (28/3) siang.

Untuk itulah Jokowi meminta kepada daerah untuk berani melakukan reformasi besar-besaran untuk mempermudah iklim investasi dan iklim usaha.

Menanggapi permintaan Jokowi, Bupati Kutai Timur Ismunandar mengatakan bahwa acara ini sangat bagus karena bisa mempercepat kemudahan berusaha di daerah dengan memangkas atau mempercepat perijinan-perijinan yang ada di daerah.

Untuk mewujudkan kemudahan berusaha di daerah, Ismunandar berharap agar aturan-aturan kementerian yang sampai ke bawah dipangkas juga, sehingga tidak melanggar. Ismunandar mengatakan ketika perijinan lokasi. Dalam prosesnya Ismunandar mengatakan, ada peraturan yang dibuat badan pertanahan.  Dan pastinya proses perijinan tidak bisa selesai dalam jangka waktu sehari dua hari bisa berminggu-minggu, karena kawan-kawan di badan pertanahan akan melakukan survey dulu ke lokasi.

Meskipun demikian, arahan bapak Presiden seperti dijelaskan Ismunandar akan dilaksanakan.

“ Saya menganggap ini sangat baik sekali sehingga daerah lebih mudah dalam memberikan semua perijinan,” tutupnya.(HS.Foto:HS)  

Related posts

Leave a Comment