Cetak Sejarah, Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah VWD’2020 Bali

Bintaro,Gpriority- Vespa World Days (VWD) pertama kali dilaksanakan pada tahun 1954 hingga 2006. Di tahun tersebut namanya adalah event The Eurovespa.

Event ini diadakan agar pecinta Vespa dari seluruh Eropa dan dunia datang bersama-sama untuk mengikuti reli terbesar dan paling terkenal di seluruh dunia. Eurovespa terakhir diadakan di Torino, Italia pada 2006.

Pada tahun 2006 grup Piaggio dan Yayasan Piaggio menciptakan Vespa World Club dengan tujuan untuk mempromosikan, menyatukan, dan mengoordinasikan semua Klub Vespa di seluruh dunia. Pada 2007 nama acara diubah menjadi Vespa World Days (VWD).

Untuk tahun ini, VWD digelar diZanka – Hungaria pada tgl 6 – 9 Juni. Vespa Club Hungaria sebagai Penyelenggara ke 53 pada tahun ini, tertantang sebagai tuan rumah untuk pertama kali nya menunjukan kepada dunia Vespa, kota yang terkenal yaitu Kota Zanka yang letaknya berada langsung di tepi danau Balaton yang Indah.

Balaton merupakan danau terbesar di Eropa tengah yang membentang sepanjang 77km yg dijuluki “The Hungarian Sea” dengan Ciri khas pemandangan yang indah, dimana gunung2 berapi menjulang tinggi seperti muncul dalam danau tersebut serta dikelilingi perkebunan anggur.

Untuk tahun 2019 VWD 2019 menggelar beragam acara yang menarik sajian seperti pagelaran budaya dan sejarah setempat serta suguhan acara yang menarik lainnya seperti halnya Vespa yang memiliki sejarah, Budaya dan Iconicnya.

VWD 2019 diikuti oleh seluruh Vespa Club di dunia termasuk Vespa Club Indonesia.

Misi Vespa Club Indonesia yang dicanangkan sebagai “Rumah Bersama” Komunitas dan Club yang berada di Indonesia, dalam VWD ‘2019 ini adalah sangat penting, yaitu untuk menyampaikan bahwa kita Indonesia siap menjadi Tuan Rumah VWD 2020 yang akan digelar di Bali pada tgl. 23 – 26 Juli 2020.

Team Vespa Club Indonesia yang akan berangkat ke VWD 2019 Zanka Hungary yaitu : Frannata Suryanto – Vespa Club Indonesia, Cani Vespa dan juga menjabat sebagai Komisi Asia Pasifik Vespa World Club.Danny Mamesah – Vespa Club Indonesia & Bellissimo.Benyamin Aris Nugroho – Vespa Club Indonesia & Ondeweey. I Wayan Ekayana – Vespa Club Indonesia & Dewata Scooter ClubDan Sigit Kukuh Prasetyo – Vespa Club Indonesia & Komunitas Vespa Tv.

Di Zanka, seperti dijelaskan Danny Mamesah saat jumpa pers di Graha Bintaro GR 6 pada Rabu (29/5) untuk menjelaskan kesiapan penyelenggaraan VWD’2020 yang akan di gelar di Bali pada 23-26 Juli 2020.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Vespa World Days adalah Event International bergengsi dari Club & Komunitas Vespa Dunia yang digelar setiap tahun bergantian di negara-negara yang tergabung di dalam Vespa World Club.

Pada saat pertama kali Vespa Club Indonesia bergabung dengan Vespa World Club pada tahun 2016 di St.Tropez France sebagai anggota yg ke 44.

Team yang saat itu dipimpin oleh Frannata, berjuang untuk Indonesia mendapatkan restu sebagai tuan rumah VWD, dan setelah melalui proses seleksi dan kampanye yang ketat dan sidang yang diselenggarakan oleh Vespa World Club, Akhirnya Indonesia disetujui sebagai Tuan Rumah penyelenggaraan Vespa World Days 2020 dan Bali adalah tempat yang dipilih.

Dengan telah ditetapkan Indonesia sebagai tuan rumah VWD’2020. Maka Indonesia tercatat di sejarah negara pertama di Asia Pacific yang menyelenggarakan VWD di luar benua Eropa, karena selama ini VWD selalu diselenggarakan di benua Eropa.
Momentum ini menunjukan kepada dunia, bahwa Indonesia sejajar dengan negara lain yang pernah menyelenggarakan Eurovespa dan Vespa World Days.

“Kita akan kembali menunjukan kepada Dunia, Indonesia yang Indah, Bali sebagai Nirwana dan Komunitas terbesar No.2 di bagi Komunitas dan Club Vespa yang ada di Dunia.Mari kita sebagai Vespities / Scooterist Indonesia bahu membahu menunjukan kepada dunia, bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik di dalam menyelenggarakan VWD’2020 Bali.Demi Merah Putih dan Indonesia mari kita bersatu untuk menyambut tamu-tamu Vespa kita dari seluruh dunia dan pelosok Indonesia…Siapa Kita ?? Indonesiaaa…,” tegas Danny.

Selain menghadiri VWD 2019 di Zanka Hungary, Team Indonesia akan melanjutkan perjalanan untuk menghadiri event Vespa “The Alp Days” yang akan diselenggarakan di Zell Am See Austria, sekitar 30 km dari sebelah utara Gunung Glossglockner, pada tgl. 13 – 16 Juni 2019.

The Alp Days adalah Gathering Scooter Eropa terbesar yang diselenggaran setiap tahun di Austria, yang menarik dalam acara ini adalah dimana Vespa langka akan berkumpul dan riding bersama di pegunungan Es Eropa. Dan Tahun 2019 ini Pecinta Vespa Indonesia yang tergabung dalam Rumah Bersama Vespa Club Indonesia, kembali menorehkan sejarah sebagai Negara Asia Pacific yang pertama kali mengikuti Gelaran event International ini.

Moment Indonesia sebagai Negara Asia Pacific yang pertama kali mengikuti event ini akan diabadikan di dalam Plakat The Alp Days yang dipahatkan Bendera Indonesia bersanding dengan bendera Negara lain yang telah mengikuti event The Alp Days.

Selain itu Misi Rumah Bersama Vespa Club Indonesia yaitu mempromosikan Perhelatan akbar VWD’2020 yang akan diselenggarakan pada tgl 23 – 26 Juli di Bali.

“Bersama dengan adanya Misi Merah Putih ini, kami mohon dukungan dari Seluruh Komunitas dan Club Vespa Indonesia untuk bersama – sama bahu membahu dalam Culture Vespa Indonesia Satu Vespa Sejuta Saudara, Berjuta Vespa Satu Bangsa, siap menyambut saudara-saudara kita dari seluruh dunia dan pelosok Indonesia yang akan hadir di Vespa World Days’2020,” tutup Danny. (Hs.Foto:Hs)

Related posts