Citibank Bukukan Laba Bersih Rp. 835 miliar di Semester Pertama 2018

Jakarta,Gpriority- Laba bersih sebesar Rp 835 miliar di semester pertama 2018 berhasil dibukukan Citibank N.A. Indonesia. Tidak hanya itu Citibank N.A. Indonesia juga berhasil meningkatkan pertumbuhan yang cukup baik pada kredit yang diberikan serta Dana Pihak Ketiga (DPK).

Portofolio kredit Citibank N.A. Indonesia meningkat 19% menjadi Rp 47,5 triliun. Hal ini didorong oleh pertumbuhan pada lini bisnis Institutional Banking dan pertumbuhan yang kuat di Dana Pihak Ketiga sebesar 15% yang memungkinkan Bank untuk mempertahankan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid yaitu sebesar 77,7%. ” Angka yang tidak terpaut jauh dari periode yang sama tahun lalu (77,6%),” ungkap Chief Executive Officer Citibank N.A. Indonesia Batara Sianturi dalam jumpa pers yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Plaze pada senin (13/8)

Selain mencatatkan pertumbuhan aset yang tinggi, tingkat permodalan serta kualitas aset Bank tetap terjaga, dengan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 24,05% dan rasio Non Performing Loan bruto dan netto masing-masing sebesar 2,34% dan 0,92%.

Batara Sianturi mengatakan, Citibank N.A.Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagaimana ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit year-on-year yang mencapai double digit. Citibank N.A. Indonesia memiliki neraca yang kokoh dengan tingkat permodalan yang sangat memadai dan likuid.

“Kami dalam posisi yang baik untuk dapat terus mendukung aspirasi pertumbuhan nasabah kami serta memperdalam hubungan jangka panjang dengan mereka,”ujar Batara Sianturi.

Di lini bisnis Institutional Banking, Citi Treasury and Trade Solutions (TTS) mencatat pertumbuhan yang kuat. TTS menyediakan layanan perlindungan penipuan guna mencegah penggunaan Commercial/Corporate Card secara tidak sah pada saat melakukan transaksi secara online. Di bulan Mei, Citi Markets and Securities Services menyelenggarakan konferensi tahunan Citi Indonesia Investor Conference 2018.
Di lini bisnis Consumer Banking,

Citibank dengan sukses menyelenggarakan kampanye digital berjudul #MaafJadiManfaat guna menggalang 5.000 seragam sekolah bagi siswa yang kurang mampu di Indonesia.
Melalui kampanye digital ini, Citibank mengajak netizen dan para nasabah untuk membagikan video #MaafJadiManfaat di laman Facebook Citi Indonesia. Di Credit Cards, Citibank dan Garuda Indonesia memperkuat kerjasama dengan memperkenalkan kampanye “Bring More Home”. Melalui kampanye ini, pemegang kartu Garuda Indonesia Citi Card (GICC) dapat menikmati ekstra 20 kg bagasi tambahan di atas ketentuan bagasi yang terdapat saat ini di kelas ekonomi dan bisnis.

Selanjutnya, Citibank dan Telkomsel semakin memperkuat kerja sama dengan memperkenalkan kampanye “Live Large”. Nasabah kartu CitiTelkomsel dapat menikmati tambahan data hingga 20GB untuk meningkatkan gaya hidup digital mereka.

Citibank juga mengadakan program Dine on Points di bulan Ramadan lalu. Hanya melalui satu klik, nasabah dapat menggunakan Rewards Points mereka guna menikmati pengalaman buka puasa yang lebih spesial. Program ini mendapatkan respon yang baik dari nasabah.

Di ranah Digital Banking, lebih dari 55% dari total nasabah Citibank telah mendaftar ke Internet Banking (Citibank Online) dan Mobile Banking (Citi Mobile). Khususnya untuk Mobile Banking, pengguna Citi Mobile telah meningkat secara signifikan sebesar 70 % year-on-year hingga Juni 2018. Penetrasi e￾statement Citibank Indonesia juga tinggi, mencapai hampir 83%, yang menjadikannya sebagai salah satu yang tertinggi di wilayah Asia Pasifik.
Dibidang Retail Banking, Citigold mengadakan Citigold Intergeneration Successor Program khusus bagi generasi penerus nasabah Citigold.

Dengan misi “Be the Best for Our Clients”, Citibank juga menjangkau komunitas-komunitas di wilayah dimana Citibank beroperasi. Melalui Citi PeKa (Peduli dan Berkarya), yang merupakan payung dari seluruh kegiatan sosial kemasyarakatan, Citibank menyelenggarakan berbagai inisiatif kegiatan sosial sesuai dengan fokus CSR-nya: literasi dan inklusi finansial, pemberdayaan ekonomi bagi generasi muda serta pengusaha mikro. Citibank bersama salah satu NGO mitra pelaksana, yaitu Indonesia Business Links, mengadakan penutupan program Skilled Youth tahap II. Program ini bertujuan untuk membuka peluang ekonomi yang lebih baik bagi generasi muda melalui peningkatan kapasitas dan mempersiapkan mereka
untuk memasuki dunia kerja, serta untuk menjadi pengusaha yang sukses. Program ini berhasil memberikan dampak positif terhadap 249 generasi muda berusia 16-25 tahun di wilayah Bekasi, Cikarang dan Karawang; melebihi target awal sebanyak 200 generasi muda.

Sebagai bank berskala global yang beroperasi di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, kinerja Citibank Indonesia pada semester pertama 2018 diperkuat dengan berbagai penghargaan dan pengakuan dari beragam publikasi dalam skala global, regional dan nasional. Secara total, Citibank Indonesia menerima tujuh penghargaan, yaitu Best International Bank in Indonesia dari Finance Asia, Best Bank-Global in Indonesia, Best Bond Adviser-Global in Indonesia, Best Digital Bank in Indonesia dan Best Retail Mobile Banking Experience dari majalah the Asset, Digital Banking Initiative of the Year dari Asian Banking and Finance, serta Innovative Company in Digital Services di kategori Foreign Bank dari Warta Ekonomi.

“Kami bersyukur dengan kinerja Citibank pada semester pertama 2018, dan dengan ini kami menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada para nasabah, mitra bisnis, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya atas kepercayaan mereka terhadap kami. Kami selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada client kami,”tutup Batara.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment