Dampak Positif Asean Games 2018 Bagi Perekonomian Indonesia

Pada tanggal 18 Agustus 2018,Indonesia akan menjadi tuan rumah Asean Games 2018
Ajang olahraga terbesar di Asia ini diyakini Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S.Brodjonegoro bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Bambang Brodjonegoro mengatakan dampak ekonomi yang tercipta dari Asean Games dibagi menjadi dua kelompok,yakni dampak ekonomi langsung dan tidak langsung. Dijelaskan oleh Bambang, dampak ekonomi langsung merupakan besaran nilai ekonomi yang tercipta secara langsung akibat adanya aktivitas ekonomi yang dilakukan pada saat persiapan,saat acara berlangsung dan setelah acara berlangsung.Sedangkan dampak ekonomi tidak langsung tercipta akibat adanya efek pengganda dalam perekonomian dimana efek yang akan terjadi adalah dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi dan nasional, penyerapan tenaga kerja serta peningkatan pendapatan.

Diperkirakan oleh Bappenas, dampak langsung pengeluaran peserta dan pengunjung Asean Games 2018 mencapai 3,6 triliun rupiah, di mana pengeluaran sebesar 2,5 triliun rupiah akan terjadi di Jakarta, sementara Palembang mencapai 1,1 triliun rupiah.

“Bappenas pada saat ini sedang melakukan penghitungan untuk dampak tidak langsung yang akan selesai dalam waktu dekat ini. Dengan selesainya penghitungan ini, maka masyarakat akan mengetahui berapa sumbangan yang dihasilkan dari Asean Games untuk ekonomi Indonesia,” ucap Bambang.

Bambang juga menegaskan bahwa hasil estimasi dampak langsung ekonomi Asean Games 2018 masih merupakan penghitungan awal dari kajian yang dilakukan.Diharapkan sebagai tuan rumah dampak langsung ekonomi Asean Games 2018 bisa lebih besar lagi dibandingkan hitungan awal.(Hs)

Related posts

Leave a Comment