Data Sangat Penting untuk Pembangunan Daerah di Gorontalo

Plt. Kepala Bappeda Kota Gorontalo Laida M. Ali mengungkapkan bahwa informasi pembangunan daerah haruslah dimulai dari data. Hal tersebut penting untuk pembangunan derah. Untuk itu, ia mengatakan bahwa dari pihak Bappeda akan membuat applikasi berbasis e-data untuk mempermudah kinerja pengelolaan data daerah.
“Untuk perencanaan(pembangunan daerah) ini perlu adanya dukungan data yang valid dan lengkap, serta senantiasa terupdate,” jelasnya. Hal tersebut ia sampaikan dalam Pembukaan Workshop Pemendagri No. 8 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Derah (SIPD), Kamis (26/4).
Sepakat sengan Laida, Plt. Walikota Gorontalo Charles Budi Doku pun mengungkapkan bahwa data itu sangat penting. “Saya yakin kita (pemerintah Gorontalo) punya data yang sangat besar,” ungkapnya. Ia pun berpendapat bahwa selain pentingnya data dalam bentuk digital, data dalam bentuk manual book. “Saya juga harapkan dinas punya manual book. Itu harus ada pegangan kita. Jangan sampai kita melakukan sesuatu tidak ada dasarnya,” jelas Charles.
Workshop tersebut dihadiri oleh para Kapala dan Sekretaris dinas pemerintahan Kota Gorontalo. Bertempat di Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta, acara lokakarya tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Walikota Gorontalo Charles Budi Doku, dan berlangsung dari 26-28 April 2018. (RA)

Related posts

Leave a Comment