Dibutuhkan kelenturan Untuk Melakukan Acroyoga

Setelah sejumlah selebritis seperti Andien, Pevita Pearce, Raisa, Carissa Putri dan beberapa selebritis ternama lainnya melalukan Acroyoga. Kini olahraga yang memadukan gerakan yoga dan akrobatik makin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pengertian acroyoga adalah salah satu jenis yoga yang mana setiap gerakan yang dilakukan mengandung unsur acrobatik dan tentu saja yoga. Bahkan acroyoga kerap disebut olahraga yang memadukan kinerja dan seni penyembuhan. Acroyoga berasal dari kata acrobatik dan yoga. Di mana beberapa gerakan ini terlihat seperti terbang dan jungkir balik. Olah raga ini berasal dari india, tetapi Kanada adalah negara yang pertama kali melakukan acroyoga pada tahun 1980.

Acroyoga sendiri bukanlah olahraga yang mudah dilakukan, menurut Instruktur Yoga di Pen Yoga Star Fajar Putra yang ditemui di Dharmawangsa, tidak ada persiapan khusus untuk mulai melakukan acroyoga, namun bagi orang yang belum pernah melakukan yoga atau tidak pernah berolahraga, ada baiknya untuk masuk ke kelas yoga terlebih dahulu selama satu atau dua bulan.

“ Lain halnya dengan orang yang terbiasa berolahraga meski bukan yoga, seperti muay thai, lari, atau pilates, bisa langsung melakukan gerakan acroyaga. Karena kekuatan fisik dan kelenturan sudah di dapat oleh mereka,” tutur Fajar.

Fajar pun memberikan contoh Artis Luna Maya, karena dia pilatesnya kuat dan pole dancenya aktif, makanya ketika melakukan acro yoga langsung bisa.

Fajar juga mengatakan, untuk melakukan gerakan acroyoga tidak ada batasan berat badan seseorang untuk menentukan posisi apakah seseorang akan diangkat atau menindih pasangannya.

“ Jika teknik yang dilakukan sudah benar, kekuatan otot kaki dan otot perut sudah terbangun, rasa saling percaya serta adanya kepercayaan diri yang tinggi, maka berat badan pasangan yang diangkat tidak akan menjadi masalah,” tutur Fajar.

Lebih lanjut dikatakan oleh Fajar, dirinya pernah mengangkat Ivan Gunawan yang beratnya lebih pada dirinya. “ Padahal kalau secara logika tidak mungkin mengangkat mas Ivan yang berat badannya melebihi dirinya. Namun berkat teknik, kekuataan otot kaki dan otot perut yang dilatih selama melakukan yoga dan acroyoga, saya bisa melakukannya,”ucap Fajar.

Fajar menyebutkan ada beberapa manfaat yang didapat ketika kita melakukan acroyoga, yakni; melatih kekuatan otot, melatih keberanian, pembentukantulang, mengharmonisasikan hubungan serta melatih kesabaran.

Nah mengenai batasan usia, acroyoga tidak mengenal batasan usia. “ Bisa dilakukan oleh anak kecil hingga orang tua. Yang penting mereka rajin berlatih acroyoga,” tutur Fajar.

Dikatakan oleh Fajar untuk menguasai acroyoga, bisa melakukan latihan sebanyak 3 kali dalam seminggu. (HS.Foto:HS)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment