Dirjen PDN, Tjahya Widayanti Buka Pameran Mall to Mall ”Houseware & Gift 2017”

Pada 15 hingga 19 November 2017, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) menggelar pameran Mal to Mal di Aeon BSD City, Tangerang.

Mal to Mal adalah wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri. Untuk itulah, seperti yang dituturkan Dirjen PDN, Tjahya Widayanti yang membuka acara Mal to Mal pada Rabu (15/11), Kemendag menggandeng Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Pengelola Mal AEON BSD City dalam pameran Mal to Mal 2017 ini.

Pameran sendiri menghadirkan ratusan produk usaha kecil menengah (UKM) berkualitas tinggi. Menurut Tjahya Widayanti, untuk acara ini Kemendag menekankan produk-produk UKM yang dipamerkan memiliki kualitas sejajar, unik dan memiliki daya saing dengan produk-produk yang kerap ditemui di pusat perbelanjaan.

“ Dengan demikian bisa menarik minat pengunjung mal untuk membelinya,” ucap Tjahya Widayanti.

Tjahya juga menambahkan, Kemendag terus memberi peluang bagi UKM untuk memperkuat eksistensi produk-produk mereka di mal-mal terkemuka di Indonesia. Menurutnya, produk UKM harus bisa bersaing dengan produk mal. Apalagi mal-mal saat ini banyak menyediakan produk gaya hidup untuk masyarakat urban, sehingga peluang produk UKM mendapat perhatian konsumen makin tinggi.

“Mal-mal semakin kreatif meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berbelanja. Peluang produk UKM dalam program Mal to Mal ini akan semakin baik,” katanya.

Tjahya berharap pameran Mal to Mal dapat memotivasi para pelaku kreasi produk Houseware & Gift untuk meningkatkan nilai tambah produk mereka melalui pemanfaatan bahan baku lokal. Produk mereka juga harus memiliki diferensiasi dan mampu bersaing dengan produk impor sejenis yang diusung merek-merek mancanegara.

“Produk UKM berkualitas, unik, penuh kreativitas, dan inovatif akan menghasilkan produk bernilai tinggi yang siap untuk bersaing tidak hanya di pasar domestik tapi juga di pasar internasional,” imbuh Tjahya.

Tjahya berharap produk hasil kreasi para pelaku UKM dapat ditingkatkan jejaring pemasarannya. “Produk UKM yang berkualitas seperti ini harus semakin ditingkatkan pemasarannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam,” tutupnya. (HS)

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment