DPR RI Menuju Parlemen Terbuka

Senayan, Gpriority-“Usai mengikuti acara Open Parlemen di Georgia, saya melihat ada 9 parlemen yang sudah menuju open parlemen salah satunya adalah Cile,” tutur Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam Fadli Zon dalam acara Focus Group Discussion (FGD) mengenai keterbukaan Parlemen di Gedung Nusantara III DPR RI pada Senin (13/8).

Dikatakan oleh Fadli Zon, DPR mendukung diplomasi pemerintah untuk menjadi parlemen terbuka. “DPR RI melalui suatu proses sudah mendeklarasikan menuju parlemen modern dan sudah banyak membahas parlemen terbuka, ” ucapnya.

Untuk menjadi parlemen terbuka, Fadli Zon menjelaskan ada dua nasional action plan yang bisa dipilih yang pertama apakah ikut dengan pemerintah bersama Bappenas dan KSP atau ikut dengan parlemen sendiri. DPR seperti dijelaskan Fadli Zon ingin agar parlemen terbuka ini terpisah dengan pemerintah. Hal ini sejalan dengan open parlemen yang diikuti dalam acara open parlemen di Georgia.

“Saya pikir ini bagus agar masyarakat mengetahui semua kegiatan yang terjadi di dalam parlemen,” ujarnya.

Fadli Zon juga meminta kepada rekan-rekan yang ada di DPR untuk mendukung segala persyaratan yang diwajibkan Open Government Partnership (OGP) untuk menjadi parlemen terbuka yang transparan,akuntabel dan representatif.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment