Dua Program Perumahan Untuk Bolmut

Jakarta,Gpriority-Rabu (22/1/2020) Bupati Bollang Mongondow Utara Depri Pontoh melakukan audiensi dengan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR yang diwakili oleh Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Dwito A Soeranto di Kementerian PUPR, Jakarta.

Dalam audiensi tersebut,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan perumahan siap menyalurkan beberapa program perumahan untuk masyarakat di Kabupaten Bollang Mongondow Utara (Bolmut). Beberapa program perumahan tersebut antara lain penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah serta pembangunan rumah khusus untuk nelayan.

Menurut Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Dwito A Soeranto, Kementerian PUPR pada dasarnya siap memberikan dukungan ke seluruh pemerintah daerah yang ada di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sektor perumahan. Namun demikian, bantuan yang diberikan berupa stimulan guna mendorong agar masyarakat dan pemerintah daerah memiliki semangat dalam melaksanakan pembangunan perumahan.

“Jika ada kebutuhan penangnan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 4.000 unit di daerah misalnya, tentunya tidak semua bisa kami penuhi. Tapi kami memberikan bantuan bedah rumah sebagai stimulan dan hal itu juga menjadi tugas bersama baik pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat,” terangnya.

Pada tahun 2020, imbuh pria yang akrab di sapa Koko tersebut, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan mengalokasikan bantuan perumahan ke Pemkab Bolmut berupa bedah rumah sebanyak 425 unit serta pembangunan rumah khusus untuk masyarakat.

“Kami harap Pemkab Bolmut juga bisa memberikan dukungan administrasi maupun mennyesuaikan lokasi pembangunan dengan RTRW yang ada. Pembentukan unit pengelola serta kemudahan dalam IMB serta kelengkapan sertifikat tanah juga sangat diperlukan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Bolmut, Depri Pontoh menyampaikan terimakasih atas perhatian Kementerian PUPR terhadap penyediaan perumahan bagi masyarakat di daerah tersebut. Adanya bantuan perumahan ya bantuan tersebut sangat dirasakan masyarakat karena pada dasarnya rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

“Tahun lalu kami menerima bantuan rumah khusus untuk nelayan sebanyak 50 unit dan bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan usulan pembangunan Rusunawa untuk para tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut. Adanya Rusunawa tersebut diharapkan dapat menjadi tempat tinggal bagi para tenaga medis serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

RSUD Bolmut, katanya, saat ini tengah dibangun oleh pihak Pemda dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena rumah sakit terdekat berjarak 3 jam perjalanan dari Kabupaten Bolmut. Untuk itu, pihaknya telah menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan Rusunawa di Desa Talaga Tomoagu Kecamatan Bolangitang Barat.

“Kabupaten Bolmut sebagai daerah pemekaran dari kabupaten Bolaang Mongondow saat ini sedang membangun RSUD Bolmut. Untuk itu kami juga mengajukan usulan agar Kementerian PUPR bisa membangun Rusunawa untuk para tenaga medis di daerah tersebut,” terangnya. (Hs)

Related posts