Evaluasi Pelaksanaan Program Kerjasama Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah

Jakarta,Gpriority-Selama tiga hari (5-8 Desember 2018) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menggelar rapat kerja di Hotel Borobudur Jakarta.

Dewan Pakar APPSI Prof. M. Ryaas Rasyid MA, Ph.D mengatakan, ide dasar kegiatan perdagangan antar daerah dicetuskan oleh Gubernur Jawa Timur dan diwujudkan dalam bentuk workshop. Konsep ini kemudian didalami dan ditindaklanjuti.  “Awal tahun ketika bertemu di Bandung langsung dilakukan mou dan setelah satu tahun berjalan pada hari ini akan dilakukan evaluasi,” ucapnya.

“ Evaluasi kali ini akan lebih fokus di Jakarta dan Jawa Timur. Saya mohon peserta supaya aktif diskusi dan bertanya informasi lebih lanjut agar daerah lain mengambil prakarsa dari Jatim dan DKI,” tambahnya.

Ryaas Rasyid menambahkan, mungkin saja tahun depan APPSI  akan membuat pameran dari seluruh provinsi dengan membawa produk unggulan mereka untuk dipamerkan. Tujuannya agar transaksi yang terjadi menjadi lebih kongkret.

Terkait dengan ekspor produk, Ryaas Rasyid  mengatakan, produk Indonesia memiliki banyak sekali kelebiihan sehingga layak untuk di ekspor.

Ryaas juga mengatakan, dalam raker APPSI pertukaran informasi juga dibutuhkan. Tujuannya untuk memberi inspirasi perdagangan kepada daerah lainnya. “ Jadikan APPSI sebagai pengumpul data dan informasi,” katanya.

Kerjasama antar provinsimenurut Ryaas  tidak hanya diperdagangan  saja tapi juga transmigrasi. “ Jadi tidak. Usah menunggu menteri transmigrasi, jadi tinggal menunggu kerjasama persetujuan dari antar provinsi. Contohnya Jawa Timur dengan Kaltara,” tutupnya.(Hs.Foto:Hs)

 

Related posts

Leave a Comment