Festival Kepulauan Rempah Sebagai Implementasi Program Kerjasama Segi tiga Emas

Menilik sejarah, Bumi Moluku Kie Raha pernah dikenal sebagai kawasan penghasil rempah-rempah. Untuk itulah melalui momentum kerjasama segi tiga emas (kerjasama yang dilakukan oleh Kabupaten Halmahera Barat, Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate) digelar Festival Kepulauan Rempah.

Dijelaskan oleh Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy dalam launching Festival Kepulauan Rempah di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona,Kemenpar, Jakarta (28/4), Festival Kepulauan Rempah akan digelar mulai tanggal 4-6 Mei 2017. Dan Halbar mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pertama.

Danny juga menjelaskan ada berbagai macam acara yang akan ditampilkan dalam Festival Kepulauan Rempah seperti; Ritual Kololi Jiko (ritual sebagai permohonan agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar). Opera Kemilau Sejarah Rempah, Tari Lalayon yang akan dijadikan sebagai rekor MURI, Spice Trip dan Makan Kabong serta Pasar Pameran Rempah dan Kerajinan.

Selain launching Festival Kepulauan Rempah, di hari yang sama, Kabupaten Halmahera Barat juga menggelar launching Festival Teluk Jailolo yang ke-9.

Festival yang diadakan mulai tanggal 8 Mei hingga 13 Mei akan menghadirkan beragam acara menarik seperti Pesta Permainan Tradisional Anak, Gelar Kuliner Halbar, Fun Fishing, Ritual Makan Adat Orom Sasadu, Fun Diving, Lomba Fotografi, Jailolo Color Run serta Pagelaran seni budaya Sasadu on The Sea.

Jadi tunggu apalagi.Ayo ke Halmahera Barat.(hs.foto:hs)

Related posts

Leave a Comment