FESTIVAL ROON ISLAND, “ ANGIN SEGAR ” BANGKITNYA PARIWISATA TELUK WONDAMA

Pulau Roon,Gpriority-Objek-Objek wisata di  Teluk Wondama perlu diinformasikan melalui pelbagai medla promosi. Salah satunya misalnya melalui kegiatan festival yang melibatkan seluruh stakeholder dengan dukungan media massa lokal maupun nasional.

Seperti kegiatan festival yang berlangsung pada hari Rabu-Sabtu,24  hingga 27 Juli 2019 di Distrik Pulau ROON Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat yang kegiatannya dipusatkan di tepi pantai Kampung Wasasar.

Festival Pulau Roon yang kedua kalinya diselenggarakan ini mengambil tema ‘ BUAI RINEMU KENEM ERIRIA LOCAL WISDOM ls MY LIFE, Kearifan Lokal adalah Hidup Saya’, dengan suguhan acara yang memberikan rasa puas bagi tamu-tamu peserta baik yang datang dari daerah tanah Papua maupun luar. Rangkaian kegiatan ini meliputi  penyambutan tamu dengan atraksi perahu yang dihiasi, iringan  suling tambun serta tidak lupa sajian makanan khas dari Kampung Yende.  Peserta juga dibuat terpesona dengan atraksi pembuatan perahu tradisional dengan ornamen khas Roon. Tarian penyambutan,  tarian penjemputan di Dermaga Ende serta tarian perang membuat tamu yang menginjakkan kaki di Pantai Wasasar usai turun dari perahu adat terpukau.

Sejumlah tamu undangan seperti Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Indubri,Kapolres, Danramil, Ibu Bupati, Pimpinan OPD , Kementerian PUPR,GNPI serta awak media hadir untuk menyaksikan Festival Pulau ROON

Acara sendiri dibuka oleh Paulus Indubri yang menggantikan Bupati  Teluk Wondama Bernadus A Imburi yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Paulus Indubri  mengatakan bahwa tahun 2020 dicanangkan sebagai tahun berlarinya pariwisata  di Teluk Wondama.

“ Kegiatan Festival Pulau ROON ini sangat strategis  bagi pengembangan pariwisata di Teluk Wondama. Pariwisata  merupakan sektor unggulan yang diharapkan menjadi sumber pendapatan baru secara berkesinambungan sebagaimana tertuang dalam Visi dan Misi  Teluk Wondama menuju Kota Emas,Elok, Maju, Aman dan sejahtera berdasarkan kejujuran dan kasih,” ucap Indubri.

Indubri juga mengajak semua peserta Festival Pulau ROON 2019 untuk sama-sama menikmati keindahan alam dan memberikan masukan positif  dalam menjaga serta mengelola  wisata dan budaya yang tersebar  mulai dari wilayah laut pesisir hingga pedalaman. “ Pariwisata di daerah ini akan menjadi modal ekonomi dan sosial yang kuat untuk pembangunan  di masa yang akan datang,” ujar Indubri.

Yefta Siregar, Kepala Distrik Roon mengatakan untuk lokasi Festival Pulau ROON 2019 berbeda dengan tahun lalu karena ada program pembangunan pariwisata terintegrasi yang masuk di Kampung Yende berbarengan dengan kegiatan festival ini.” Kami memiliki tantangan untuk membuka satu lokasi baru di mana ke depannya akan ditempatkan sebagai tempat wisata. Ke depan akan kami bicarakan  mengenai pemilihan lokasi Wasasar ini apakah akan menjadi kampung adat  atau pantai wisata,” ucap Yefta.

Di sela-sela kegiatan,perrwakilan dari Kementerian PUPR menyerahkan dokumen penerima bantuan  perumahan sebanyak 450 unit kepada Pemkab Teluk Wondama yang diterima langsung oleh Indubri.(GP.Foto:Las)  

 

Related posts

Leave a Comment