Forum Kerjasama Pinjam Pakai Lahan Program BTS Blankspot

Dalam rangka pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi di wilayah 3T, Lokpri dan perbatasan negara, pada kamis (5/12)Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, melalui Balai Penyedia dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) mengadakan acara Forum Kerjasama Pinjam Pakai Lahan Program BTS Blankspot di Aula Pertemuan Hotel Borobudur Jakarta Pusat.

Acara sendiri dihadiri oleh para kepala daerah dan kepala dinas komunikasi dan informatika seluruh indonesia yang daerahnya termasuk ke dalam wilayah 3T,Lokpri dan perbatasan negara.

Dalam sambutannya, Direktur Utama BP3TI Anang Latif mengatakan bahwa pentingnya pendistribusian informasi kepada seluruh masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk yang berada di wilayah terpencil, terluar, perbatasan. program ini diharapkan semakin membuka akses informasi komunikasi dan keterisolasian masyarakat yang ada di desa-desa.

“Kita harap bukan hanya masyarakat yang ada di Kota yang menikmati mudahnya mendapat akses informasi komunikasi tetapi oleh seluruh masyarakat di wilayah Indonesia,” ucapnya.

Mengenai peta penyebaran sinyal seluler tahun 2017 di semua desa/Kelurahan di Indonesia, Anang Latif mengatakan, untuk signal 2G baru  88,28%, signal 3G 75,09%, dan distribusi signal 4G baru mencapai 50,88% saja.

Anang berharap melalui dukungan Pemda yang dibuktikan lewat tanda tangan pinjam pakai lahan program BTS Blankspot oleh Kepala Daerah sasaran penerima manfaat semakin bertambah banyak baik untuk tingkat pendidikan, baik untuk 149.400 lokasi layanan di Indonesia diantaranya untuk pendidikan SD-SMA 93.900, Kelurahan, Desa Kecamatan 47.900, Puskesmas 3700 dan untuk pertahanan dan keamanan 3900.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari para kepala daerah yang Hadir, salah satunya Bupati Halmahera Barat, Danny Missy. Menurut Danny Missy yang ditemui seusai acara, sangatlah bagus bagi perkembangan daerah terutama Halmahera Barat, karena yang pertama bisa mempromosikan apa yang ada di Halmahera Barat. Yang kedua, masyarakat bisa menikmati sarana dan prasarana telekomunikasi. Mengenai pinjam pakai lahan Program BTS Blankspot, Danny mengatakan semua sudah diserahkan kepada BP3TI. Untuk desa yang akan dipasang BTS, Danny mengatakan bahwa ada 176 desa, namun baru terpasang 24 desa pada tahap pertama. Danny berharap pada tahap kedua ini, ada banyak desa di Halbar yang bisa dipasang BTS, karena lokasinya sudah tersedia dan siap dipasang BTS. (HS.Foto:HS)

 

Related posts

Leave a Comment