Galeri Oma: Barang Antik Cocok Sebagai Penghias Rumah

” Jika memiliki barang antik, ada baiknya untuk disimpan. Sebab mampu mempercantik rumah Anda,” tutur Vera Orchidlia pemilik toko barang bekas Galeri Oma yang ditemui Gpriority di galerinya yang berada di Jalan Monumen Jogja.

Vera menjelaskan, penataan interior ruangan bagi sebagian orang sangatlah penting untuk mempengaruhi kenyamanan saat berada di dalam rumah. Untuk itulah Furnitur pengisi ruangan menjadi hal yang patut dipertimbangkan. “ Usahakan dalam satu ruangan terisi dengan satu langgam furnitur. Tidak harus satu warna, yang terpenting sesuaikan keharmonisan dan keseimbangan ruangan secara utuh. Salah satu gaya dekorasi yang saat ini sedang digandrungi adalah bergaya vintage,” jelas Vera.

Furnitur vintage biasanya  merujuk pada furnitur-furnitur dengan model dan tampilan yang terlihat usang. “Namun, di situlah letak keunikan dan estetika dari furnitur bergaya lawasan tersebut. Bahkan, karena bentuk dan tampilannya yang sudah kuno atau terlihat usang inilah yang membuat banyak orang mulai mencintai gaya tersebut,” tutur Vera.

Namun untuk mencari furnitur lawas sangatlah sulit, sebab hanya beberapa tempat saja yang menjual. Berbekal alasan tersebut, di tahun 2016, Vera bersama Dimas membuka toko jual beli barang antik bernama Galeri Oma.

“ Saya mendapatkan banyak sekali furnitur lawas dari para Oma-Oma. Karena sudah terlalu banyak makanya saya berpikir untuk menjualnya. kemudian saya bertemu dengan dimas, dia memberikan ide untuk membuat toko jual beli barang antik.Olehnya disarankan agar membuka  toko jual beli barang antik yang bernama Galeri Oma. Terkait penamaan Oma, ya seperti yang saya bilang, dapatnya dari Oma-Oma yang sudah sepuh,” tutur Vera.

Dengan memanfaatkan ruangan yang tidak terlalu besar di atas sebuah toko besi, Vera pun mulai memajang barang-barang yang dimilikinya. Untuk memperlancar usahanya, Vera menunjuk Dimas sebagai marketing manager. Penunjukkan yang terbilang tepat karena Dimas langsung melakukan  penjualan via online. Ia mengunggah barang-barang galeri di berbagai situs belanja online termasuk Instagram. “Karena memang situs belanja online mempermudah konsumen untuk mencari barang sesuai dengan yang mereka inginkan. Menariknya, barang-barang Galeri Oma laku terjual dari berbagai segmen konsumen. Banyak dari mereka yang membeli barang di sini untuk interior di kafe, studi foto, ataupun rumah sendiri,” kata Dimas. Tak urung, barang-barang di Galeri Oma juga laku sampai luar kota serta luar negeri.

Ketika ditanya barang apa saja yang laku terjual di Galeri Oma, Vera menjawab furnitur lawas. Pasalnya furnitur tersebut ketika ditaruh di ruang tamu, akan semakin menambah antik. Selain itu adabarang pecah belah, elektronik kuno dan alat transportasi seperti sepeda motor klasik. karena bisa menjadi aksesoris pajangan yang cantik untuk ruangan.

“ Yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin menggunakan Barang Kuno untuk Aksesori Ruangan, adalah perawatan yang anda lakukan harus tepat. Hal ini tentu bertujuan agar barang-barang tersebut tetap awet dan terjaga keasliannya,” tutur Vera.

Vera juga memberikan beberapa tips dalam menata benda antik agar tetap terlihat cantik sebagai penghias di ruangan: yang pertama, dalam menata aksesoris apapun, sebaiknya ada pengelompokan berdasarkan fungsinya. Pisahkan setiap jenis aksesoris tersebut sesuai dengan fungsi dan jenisnya. Kedua, pilih desain rak atau lemari penyimpanan barang-barang antik yang sederhana dan sesuai dengan tema aksesoris yang disimpan. Gunakan warna netral atau natural, sehingga aksesoris koleksi Anda tetap menjadi poin utama. Ketiga, untuk koleksi benda-benda klasik yang fungsional, seperti meja, sarung bantal, kipas angin dan lampu gantung bisa dijadikan bagian pelengkap dekorasi ruang Publik.

Semoga bermanfaat.(Hs.Foto:Agung)

 

Related posts

Leave a Comment