Geopark Indonesia Mendunia

Bappenas,Gpriority-Geopark merupakan wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi.

Hingga saat ini Indonesia memiliki 4 kawasan geopark yang diakui oleh Unesco seperti Batur,Gunung Sewu, Gunung Rinjani dan Ciletuh Pleabuhan ratu. 7 geopark nasional salah satunya di bojonegoro. Serta 80 kawasan yang menjadi kandidat geopark nasional pada 2025.

Banyaknya geopark di Indonesia membuat Kemenko bidang maritim,Kementerian PPN/Bappenas,Kementerian ESDM, Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Konferensi Nasional 1 Geopark Indonesia di Gedung Saleh Afif, Kementerian PPN/Bappenas.
Konfrensi diikuti oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Perwakilan Kementerian ESDM, Ketua Bekraf Triawan Munaf, Gubernur, Bupati, Walikota, Dinas Pariwisata, Swasta serta seluruh perwakilan geopark di Indonesia.

Harapan dari Ketua penyelenggara Safri Burhanuddin konfrensi ini bisa menjadi langkah awal dalam memajukan geopark di Indonesia agar dikenal di dunia sekaligus pemanasan dalam menghadapi Asia Pacific Geopark Network (APGN) yang berlangsung di Unesco Global Geopark Rinjani, Mataram Lombok pada September 2019 nanti. (Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment