Goes to Mandalika MotoGP 2021

 Jakarta,Gpriority-Balap motor kelas dunia bernama MotoGP siap digelar di Mandalika Nusa Tenggara Barat pada tahun 2021 nanti. Untuk itulah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama seluruh instansi terkait  serta masyarakat dan pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan siap menyukseskan balap motor Mandalika MotoGP 2021 sebagai ajang berkelas dunia.

Dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio seusai peluncuran Calender of Event (CoE) Lombok-Sumbawa 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenparekraf, Rabu (22/1/2020).“Mandalika MotoGP 2021 sebagai salah satu upaya kita mengangkat destinasi pariwisata super prioritas Mandalika ke kancah dunia.”

 Didampingi Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalillah Menparekraf Wishnutama menjelaskan bahwa masyarakat NTB patut bersyukur dikaruniai beranekaragam budaya yang menarik dan keindahan alam yang mempesona di antaranya kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah ditetapkan sebagai satu di antara 5 destinasi super prioritas (Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang).

 “Presiden Joko Widodo sudah beberapa kali ke Mandalika meninjau kemajuan destinasi super prioritas tersebut. Saya sendiri setelah dilantik menjadi Menparekraf, destinasi yang pertama kali saya kunjungi adalah Mandalika pada November  2019,” kata Wishnutama.

Ia menegaskan keseriusan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan Mandalika sebagai destinasi kelas dunia harus disambut dengan kerja keras di antaranya dengan menyukseskan event Mandalika MotoGP 2021 yang akan membawa brand Mandalika dan NTB ke tingkat dunia. Penyelenggaraan event sport tourism balap motor dunia MotoGP sebagai salah satu cara cepat dan efektif dalam mempromosikan pariwisata Mandalika ke kancah dunia.

“Mandalika MotoGP 2021 akan disaksikan ratusan juta pemirsa tv di seluruh dunia. Ini akan memberikan ‘awareness’ wisatawan dunia terhadap Mandalika. Selain itu sekitar 150.000 wisatawan yang akan menonton langsung jalannya balap motor tersebut akan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata Wishnutama.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah menyatakan, pemerintah dan masyarakat NTB siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan event Mandalika MotoGP 2021.  Termasuk dukungan akomodasi yang disiapkan oleh pelaku usaha pariwisata. “Ada sekitar 10.000 kamar hotel telah disiapkan. Menjelang hari H nanti akan ditambah dengan akomodasi glamping serta kapal pesiar yang difungsikan sebagai akomodasi,” kata Sitti Rohmi.

Event Mandalika MotoGP 2021 gencar disosialisasikan dan dipromosikan dalam berbagai event di dalam dan luar negeri. Dalam acara peluncuran CoE Lombok-Sumbawa 2020 kali ini juga menjadi momentum untuk mempromosikan event sport tourism kelas dunia tersebut  dalam balutan “Goes to Mandalika MotoGP 2021”.

Sepanjang tahun 2020 NTB akan menggelar sebanyak 16 event unggulan di antaranya 3 event masuk dalam Top 100 Nasional Event yakni Festival Pesona Bau Nyale akan digelar pada 9-15 Februari 2020 di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Festival Pesona Khazanah Ramadhan digelar pada 29 April-18 Mei bertepatan bulan suci Ramadhan, dan Festival Pesona Moyo digelar di Kabupaten Sumbawa pada 13-26 September 2020.(bcl)

Related posts