Gurame Bumbu Cobek Nan Gurih

Ceritanya sih lagi edisi kangen ingin makan gurame bumbu cobek nan gurih khas Saung Layaran. Namun berhubung, tidak ada kawan yang menemani, terpaksa bertanya kepada kawan yang berprofesi sebagai chef. Dan setelah dicoba, hasilnya lumayan enak meskipun tidak seenak gurame bumbu cobek khas Saung Layaran. Ingin mencoba juga? Penulis berikan resepnya untuk Anda. Selamat mencoba.

   Bahan-bahan

# 1 ekor ikan gurame segar ukuran sedang

# 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

# 1 sdt garam secukupnya minyak untuk menggoreng

 

Bahan bumbu cobek :

# 5 butir bawang merah

# 6 buah cabe rawit merah

# 2 cm kencur

# 2 cm jahe

# garam secukupnya

# 1 buah jeruk limo ambil airnya

# 75 ml air matang

Langkah-langkah

1.Bersihkan sisik ikan dan juga insangnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu lumuri dengan air jeruk dan juga garam. Diamkan sekitar 15 menit, sishkan

2.Panaskan minyak goreng lalu masukkan ikan gurame, masak hingga matang dan kering, angkat lalu tiriskan. Taruh di piring. Sisihkan.

3.Bumbu cobek : minyak goreng dipanaskan sekitar 2 sdm, lalu goreng bawang merah setengah matang. Angkat. (Saya skip bagian ini dan mengganti dengan merebus dulu semua bumbu cobeknya sebentar, kecuali garam, sblm diulek). Ulek kasar semua bumbu cobek, tambahkan air dan perasan jeruk limau. Aduk-aduk sebentar supaya tercampur rata. Siram bumbu cobek diatas ikan. Sajikan. (HS.Foto:Istimewa)

 

Related posts

Leave a Comment