Halmahera Barat Terima Penghargaan Dari Kemenkes

Setelah dilantik menjadi Bupati Halmahera Barat (Halbar), Danny Missy langsung bergerak cepat membenahi daerah yang dipimpinnya, salah satunya adalah menerapkan perda no. 3 tahun 2016 tentang kawasan tanpa rokok.

Danny Missy menerapkan peraturan tersebut dikarenakan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok bagi yang menghisapnya maupun penghisap pasif (orang yang tidak merokok namun menghisap asapnya).

Dijelaskan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Halbar, Atty Tutupoho, semenjak peraturan tersebut ditetapkan, masyarakat Halbar banyak yang berhenti merokok. Mereka sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

Prestasi inilah yang membuat Kementerian kesehatan (Kemenkes) RI pada Rabu (12/7) di Yogyakarta Ballrom memberikan penghargaan kepada Bupati Halbar, Danny Missy. Penghargaan sendiri diberikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan pengendalian Penyakit (Dirjend P3) Dr. H.M. Subuh.

Menurut Dr.H.M Subuh yang ditemui wartawan seusai acara, Halbar mendapat penghargaan  Pastika Parahita karena keberhasilannya dalam menekan dan mengendalikan konsumsi hasil tembakau. Dr.H.M Subuh berharap Halbar dan daerah lainnya baik yang mendapat penghargaan maupun yang belum bisa terus menekan dan mengendalikan konsumsi tembakau, sehingga Indonesia terbebas dari penyakit paru-paru.

Ditemui ditempat terpisah, Bupati Halbar, Danny Missy mengatakan sangat bangga bisa menerima penghargaan Pastika Parahita. Pastika Parahita adalah satu dari tiga penghargaan yang diberikan Kemenkes RI kepada kepala daerah di Indonesia yang berhasil menekan dan mengendalikan konsumsi tembakau di daerahnya.

Danny berharap penghargaan ini bisa menjadi pembuka jalan bagi Kabupaten Halmahera Barat untuk bebas sepenuhnya dari asap rokok.

Danny juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran dan stafnya yang telah membantu untuk mensosialisaikan perda no.3 tahun 2016 tentang kawasan tanpa rokok kepada masyarakat. Sehingga masyarakat Halbar bisa menekan kebiasaan merokok mereka.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Danny Missy kepada masyarakat Halbar, karena berkat dukungan dan kesadaran mereka dalam menekan dan mengurangi serta mengendalikan tembakau, Halbar meraih penghargaan ini. (HS.Foto:Dok Humas)

 

Related posts

Leave a Comment