Harapan Ketua DPRD Pada HUT Kaltara ke 4 Tahun

Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltara ke 4 Tahun, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Marthen Sablon, berharap kepada pemerintah untuk lebih menekankan terhadap percepatan pembangunan dan peningkatan infrastruktur. Terutama didaerah pedalaman dan perbatasan, mengingat kedua daerah itu masih relatif sangat tertinggal jauh dibandingkan pembangunan yang sama didaerah pesisir Kalimantan Utara.

“Selain infrastruktur seperti jalan dan jembatan, kita juga mendesak penyediaan kebutuhan dasar masayarakat seperti air bersih, pendidikan dan kesehatan bisa menjadi atensi penting bagi pemerintah untuk dibangun dan disiapkan kepada warga pedalaman dan perbatasan tersebut, “ kata Marthen disela acara HUT Kaltara di Lapangan Aghatis Tanjung Selor.

Apalgi bila kita melihat dari dekat infrastruktur jalan didaerah pedalaman dan perbatasan tersebut kata Marthen, sampai saat ini masih banyak terdapat jalan tanah. Sehingga apabila musim hujan sangat sulit sekali untuk dilintasi oleh siapa saja, terlebih untuk kendaraan bermotor.

Karenanya diharapkan untuk sektor itu bisa menjadi perhatian pemerintah untuk dianggarkan pada tahun anggaran 2018 yang akan datang tanpa kecuali.

“Minimal dibeberapa daerah seperti Kecamatan Krayan yang beberapa waktu lalu terkena bencana banjir bandang jalan utama dan beberapa jembatan nya bisa menjadi prioritas untuk dibangun kembali. Agar aksesbilitas masyarakat untuk menjangkau desa Long Bawan sebagai kecamatan induk bisa kembali normal seperti sediakala, “ tukasnya.

Kebutuhan air bersih yang dirasakan oleh warga pedalaman Kabupaten Bulungan dan Warga Desa Atap Kecamatan Sembakung dan Kecamatan Lumbis Ogong hendaknya juga bisa diprogramkan secara cermat. Mengingat sebagai kebutuhan dasar yang mendesak tersebut sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mengadakannya, supaya nantinya bisa dinikmati oleh warga sebagaimana yang sudah dirasakan oleh warga Kalimantan Utara lainnya, khususnya warga yang ada didaerah perkotaan.

Selain itu sambungnya, masih terdapat beberapa desa di Kaltara yang belum terjangkau oleh aliran listrik, terutama sekali warga masyarakat yang hidup didesa-desa terpencil. Untuk itu diharapkan ada alternatif lain dari pemerintah bagaimana bisa menyiapkan alat penerangan yang memadai kepada mereka, misalnya seperti alat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Dibidang pelayanan kesehatan, pemerintah diharapkan untuk bisa segera mempersiapkan operasional dan sumber daya manusia (SDM) dibidang itu. Mengingat beberapa rumah sakit pratama yang sudah selesai dibangun beberapa waktu lalu bisa segera dioperasikan sebagaimana mestinya, salah satunya RSUP Krayan di Kabupaten Nunukan sekarang.

Disektor pendidikan juga merupakan hal ang tidak kalah penting untuk dipacu, penyiapan kader muda yang siap pakai di Kalimantan Utara dimasa mendatang wajib menjadi perhatian serius kita bersama. Bagaimana nantinya bibit-bibit unggul daerah itu bisa disekolahkan kejenjang yang lebih tinggi, dan bisa dipersipakan mulai sekarang. Supaya kedepan mereka siap menjadi penerima tongkat estafet kepemimpinan dimasa-masa yang akan datang. Untuk membangun daerah ini lebih maju lagi dari apa yang sudah dicapai sekarang.

“Harapan saya kalau bisa lulusan 10 besar disetiap SLTA itu bisa dibantu, baik dari segi biaya maupun kemudahan kepada mereka untuk melanjutkan pendidikan nya keperguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Dan begitu mereka selesai kelak bisa direkrut kembali oleh pemerintah sebagai kader daerah untuk meneruskan pembangunan disegala bidang, “ kata Marthen.

Lebih lanjut Ketua DPRD Kalimantan Utara, Marthen Sablon, juga mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat terus untuk menjaga persatuan dan kesatuan, tepa selera dan saling menghargai satu sama lain. Agar kedamaian dibumi Merudung Pebatun de Benuanta ini terus terjaga dan lestari sepanjang masa. (Humas)⁠⁠⁠⁠

 

Related posts

Leave a Comment