Hasil Diskusi Dari Forum Transfer Fiskal Mudah-Mudahan diterima Pemerintah Pusat

Jakarta,Gpriority- Sejumlah daerah kaya hutan termasuk Kabupaten Nunukan menghadiri konferensi bertajuk Transfer Fiskal untuk kabupaten kaya hutan, yang digagas oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (AIMI).

Dijelaskan oleh Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid acara ini sangat mendukung sekali daerah-daerah yang kaya hutan. “ kita berdoa mudah-mudahan hasil diskusi-diskusi daerah  terkait kehutanan yang didakan dalam forum ini bisa diterima oleh pemerintah pusat nantinya, karena dari satu sisi daerah sangat membutuhkan DAU untuk hutan ini,” kata Laura.

Dijelaskan oleh Laura, didaerahnya Nunukan 63% adalah wilayah hutan, namun karena keterbatasan anggaran  sehingga sulit mendongkrak  sisi pembangunan daerah. Laura juga menyarankan kepada Pemerintah Pusat , sebaiknya pemanfaatan alokasi dana jika dikabulkan oleh Pemerintah Pusat harus lebih fleksibel lagi, karena biasanya ketika suatu anggaran misalnya dihasilkan oleh komoditi tertentu seperti dari sisi kehutanan biasanya pemanfaatannya dilakukan untuk sekitar hutan sendiri. “ Nah alangkah baiknya dimanfaatkan juga untuk pembangunan , karena kita di daerah kebetulan sedang mengalami defisit anggaran sehingga anggaran yang diperuntukkan bagi pembangunan sangat kurang sekali. Dan mudah-mudahan kalau ini dikabulkan bisa membantu daerah dalam pembangunan,” ujar Laura.

Laura juga menjelaskan bahwa di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) juga memiliki kajian ini namun dikarenakan keterbatasan anggaran belum mengekspos ke luar. “ Alhamdulillah ada lembaga seperi AIPI dan AIMI yang mau mengkaji persoalan ini. Siapa tahu bisa dikombinasikan sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi,”tutup Laura.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment