HBDI Dukung Kemajuan Ekonomi Nasional

Jakarta,Gpriority-Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang digelar Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) diharapkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebagai sarana mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, sektor ritel dan peningkatan daya beli masyarakat.

“Terselenggaranya HBDI dapat memacu daya beli masyarakat yang akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Mendag Enggar pada konferensi pers penyelenggaraan HBDI, yang berlangsung beberapa hari yang lalu di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Enggar mengatakan, perekonomian Indonesia pada kuartal I 2018 seperti yang dirilis BPS tumbuh sebesar 5,06%, cenderung stagnan dibandingkan capaian tahun 2017 yang tumbuh 5,07%, dan lebih tinggi dibanding capaian tahun 2016 sebesar 5,03%.

“Acara HBDI merupakan kesempatan emas bagi anggota HIPPINDO yang bergerak di sektor ritel, kuliner, dan hiburan untuk menggali potensi pasar secara maksimal, serta menggairahkan sektor perdagangan dan pariwisata sehingga dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

HBDI merupakan acara tahunan HIPPINDO yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2017. Kegiatan HBDI ke-II yang akan berlangsung secara nasional pada 8 Agustus hingga 2 September 2018.

HIPPINDO juga  akan  melakukan  co-branding  dengan  Sriwijaya  Great  Sale  dengan  tema  Sriwijaya Festival Road to Asian Games. Asian Games yang diikuti sekitar 45 negara di kawasan Asia dapat menjadi ajang mempromosikan sektor pariwisata maupun produk unggulan lainnya. Untuk itu, Indonesia sebagai tuan rumah harus dapat mempersiapkan dengan baik.

“Ayo kita promosikan  produk-produk dalam negeri secara lebih serius,  baik produk makanan, minuman, kerajinan, maupun fesyen, sehingga dapat lebih dikenal oleh negara-negara lain dan bersaing di ajang global,” lanjut Mendag Enggar.

Selain itu, diharapakan HBDI dapat meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan, dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

“HBDI juga harus dimanfaatkan untuk menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Diharapakan ke depannya HBDI dapat digelar secara rutin serta menjadi acara ikonik rutin setiap tahun seperti Black Friday di Amerika Serikat atau Boxing Day Sale di Inggris,” tandas Enggar. (Hs)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment