Hendrata Thes,BUPATI KEPULAUAN SULA : BUMDeS SALAH SATU SOLUSI SEJAHTERAKAN DESA

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula Melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDeS)  tahun 2017 dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Malang sebagai pembawa materinya.

Nampak hadir di acara tersebut, Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Staf Ahli Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi bersama rombongan. Dalam sambutannya, bupati menegaskan bahwa saat ini Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi merupakan salah satu kementerian yang menjadi favorit bagi pemerintah daerah yang wilayahnya dikategorikan sebagai daerah tertinggal dan terisolasi dalam berbagai akses, baik itu akses infrastruktur fisik maupun akses informasi dan komunikasi.

“ Oleh karena itu dengan kehadiran bapak-bapak di daerah ini, kami sangat berharap agar dapat melihat daerah ini lebih dekat dan detail sehingga sekembalinya bapak ke Jakarta dapat memberikan pertimbangan kepada Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi bahwa Kabupaten Kepulauan Sula layak diberikan apresiasi yang lebih untuk pembangunan daerah ini,” ucap Bupati.

Lebih lanjut dikatakan oleh bupati, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula sangat terbuka dalam menerima koreksi, masukan dan saran untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, terutama dalam memanfaatkan penggunaan dana desa yang hingga detik ini banyak membantu pemerintah daerah untuk pembangunan infrastuktur desa, meskipun banyak sekali hambatan yang dihadapi oleh pemerintah daerah dalam pengelolaan dana tersebut akibat faktor teknis dan non teknis.

“ Oleh karena itu kami sangat berharap kehadiran bapak-bapak dapat memberikan energi baru bagi kami semua yang ada di kabupaten Kepulauan Sula,” tutur bupati.

Terkait dengan pengelolaan dana desa ke arah yang lebih baik sebagaimana intruksi Menteri desa, PDT dan Transmigrasi  nomor 1 tahun 2017 tentang prioritas kegiatan kementerian baik pengembangan  program unggulan kawasan pedesaan (prukedes), pembentukan badan usaha milik desa/badan usaha milik desa bersama (bumdesa/bumdesa bersama), pembangunan embung dan bangunan penampungan air kecil lainnya serta pembangunan sarana olah raga desa, bupati berharap agar pemerintah daerah dan masyarakat bisa menjalin kebersamaan guna mensukseskan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Sebab banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sula. (humas)

 

Related posts

Leave a Comment