Hobi Burung Berkicau untuk Mengurangi Stress dan Melatih Disiplin

Di tengah kesibukan yang begitu padat dalam pekerjaan sehari-hari, kita juga memerlukan kegiatan yang bisa membuat otak kembali fresh, guna mengurangi stres. Salah satunya beraktifitas di dunia hobi, karena dapat memberikan rasa senang dan kepuasan di dalam diri.

Hobi burung berkicau bisa menjadi pilihan. Pasalnya kita bisa mendengarkan suaranya yang merdu dan juga berinteraksi dengan sesama penghobi yang berasal dari berbagai kalangan. 

Dijelaskan oleh Giri Prakosa, seorang kicaumania asal Cibubur yang ditemui penulis di kediamannya yang terletak di Kawasan Perumahan Cibubur  (24/2),  hobi burung berkicau ternyata  bisa juga untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab.

” Bagi yang suka kelayapan, ketika memelihara burung berkicau pasti akan selalu ingat pulang, karena punya tanggung jawab untuk memberi makan burung peliharaan. Untuk yang susah bangun pagi, hobi burung berkicau bisa melatih dirinya untuk selalu bangun lebih pagi, karena harus memberikan perawatan kepada burung,” kata Giri. 

Burung ternyata tidak hanya bisa dijadikan hobi saja. Karena bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, banyak potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bisnis sampingan. 

“Contohnya kita bisa melakukan breeding burung-burung yang biasa dilombakan. Kalau berhasil, anakan-anakan hasil produk breeding, bisa dijual dengan harga lumayan,” pungkas Giri.

Selain breeding, kita juga bisa mengikuti perlombaannya, dimana lomba ini untuk mengukur keberhasilan kita dalam merawat burung peliharaan. Di dalam perlombaan, selain berpeluang memenangkan hadiah uang, juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi penghobi akan prestasi burung rawatannya. 

“Lomba biasanya diadakan di hari Minggu, ini juga bisa menjadi pengganti refreshing buat kita. Karena kita bisa mengajak keluarga atau teman mengingat arena lomba biasanya diadakan di kawasan tempat wisata di perkotaan. Dan seandainya menang, hadiahnya lumayan juga,” ujar Giri. 

Giri juga mengatakan apabila burung kita berprestasi, harga jualnya bisa melambung tinggi di luar bayangan kita. “ Saat ini aja sudah ada burung yang laku dijual ratusan juta hingga Rp 1 miliar karena prestasinya,” ucap Giri.

Menarik bukan? Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya juga. (HS/GI.Foto:Dok Giri)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment