HUT Korpri ke-47, Presiden Jokowi Minta ASN Beradaptasi Dengan Perubahan Zaman

Jakarta,Gpriority-Pada upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang ke-47 di Istora Senayan, Jakarta pada kamis (29/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara

Ribuan aparatur sipil negara (ASN)  dari berbagai daerah di Tanah Air hadir dalam acara tersebut.  Sejumlah Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensos Agus Gumiwang, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir di acara dengan memakai pakaian Korpri.

Dalam acara yang dihadiri  Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensos Agus Gumiwang, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  serta ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai daerah, Presiden Jokowi meminta ASN agar beradaptasi dengan perkembangan zaman seiring dengan munculnya revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan sosial, politik, dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi mempermudah cara kerja birokrasi, namun di sisi lain teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya dan menuntut pelayanan yang lebih baik bagi ASN. “Kita menghadapi perubahan sosial yang besar. ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman dengan meningkatkan pelayanan”, kata Presiden Jokowi.

ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh serta  meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. “Mau tidak mau, ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi dan menyederhanakan proses kerja. ASN harus memanfaatkan kemajuan teknologi, kemajuan pengetahuan, serta kolaborasi dengan pihak terkait,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta ASN saling bersinergi dan tidak terjebak dalam ego sektoral. “ASN di semua lapisan, saya minta untuk tidak terjebak dalam ego sektoral, tidak terjebak dalam ego organisasi, tidak terjebak dalam ego program masing-masing,” kata Jokowi seraya  mengatakan, seluruh ASN harus bersinergi karena semua permasalahan yang ada di masyarakat saat ini bersifat lintas sektoral, bahkan lintas daerah.

Usai memimpin upacara, Presiden Jokowi berkesempatan memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Kepahiyang (Bengkulu) Hidayatullah Sjahid sebagai penasihat terbaik Korpri. Penghargaan juga diberikan kepada Sekda Provinsi Jawa Tengah, Dewan Pengurus Korpri Kota Bitung, dan Dewan Pengurus Korpri Kementerian UKM. (Hs)

 

Related posts

Leave a Comment