IGA 2019 Bisa Semakin Meningkatkan Inovasi Daerah

Jakarta,Gpriority-Pada Senin malam (7/10),Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP)  menggelar Innovative Goverment Award (IGA) 2019 di Hotel Borobudur Jakarta Pusat.

Kemendagri memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah inovatif yang terdiri dari 5 Provinsi, 10 Kabupaten dan 9 Kota yang terinovatif melalui Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2019.Selain itu, Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada tiga pemerintah perbatasan dan dua daerah tertinggal. Penghargaan sendiri diberikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumalo kepada gubernur,bupati dan walikota.

Usai memberikan penghargaan, Mendagri Tjahjo mengatakan Ada kemajuan dibanding tahun lalu. Namun ditingkat provinsi pemenangnya masih sama.

” Harapan kami dengan adanya penghargaan ini bisa semakin meningkatkan inovasi di daerahnya,” ucap Tjahjo.

Lebih lanjut dikatakan Tjahjo membangun inovasi daerah memang yang diharapkan oleh Presiden Jokowi. Pasalnya inovasi mampu memangkas jalur birokrasi sehingga terwujud proses perijinan dengan cepat.

“Lompatan strategis pembangunan melalui inovasi harus terus dilakukan sehingga daerah bisa semakin maju,” tegas Tjahjo.

Tjahjo juga mengatakan,Inovasi dilahirkan untuk memudahkan pelayanan di daerah secara cepat dan tepat.  Untuk itulah acara ini akan dipertahankan sehingga daerah-daerah bisa semakin inovatif.

Daerah-daerah Peraih IGA 2019

*Daerah Perbatasan

Peringkat ketiga: Kabupaten Morotai, Peringkat kedua: Kabupaten Bengkalis, Peringkat pertama: Kabupaten Pelalawan.

*Daerah Tertinggal

Peringkat kedua: Kabupaten Nabire. Peringkat Pertama: Kabupaten Sigi.

*Kabupaten terinovatif

Peringkat 10: kabupaten Padang Pariaman.Peringkat sembilan: Kabupaten Bogor.Peringkat delapan:Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Peringkat Tujuh: Kabupaten Musi Rawas.Peringkat Enam:Kabupaten Agam.Peringkat lima:Kabupaten Banggai.Peringkat empat:Kabupaten Situbondo.Peringkat ketiga:Kabupaten Malang.Peringkat Kedua, Kabupaten Kulon Progo.Peringkat kesatu: Kabupaten Banyuwangi.

*Kota terinovatif

Peringkat kesembilan:Kota Surakarta.Peringkat delapan: Kota Magelang.Peringkat ketujuh: Kota Makasar.Peringkat enam:Kota Bandung.Peringkat Kelima: Kota Cimahi.Peringkat Keempat:Kota Malang.Peringkat ketiga Kota Bontang.Peringkat kedua:Kota Bogor.Peringkat kesatu:Kota Denpasar.

*Pemerintah Provinsi Terinovatif

Peringkat 5: Provinsi Riau. Peringkat 4: Provinsi DKI Jakarta.Peringkat 3: Provinsi Sumatera Barat.Peringkat 2: Provinsi Jawa Barat.Peringkat 1: Provinsi Jawa Tengah.(Hs.Foto:Hs)

 

 

 

 

Related posts