Indonesia Adventure Festival “Jelajah Tanahumba 2017”

Jakarta, 7 November 2017,  Melanjutkan sukses tahun lalu, Way2East kembali menggelar Event Indonesia Adventure Festival (IAF) dengan tema “Jelajah Tanahumba 2017” yang akan berlangsung di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 14-19 November 2017. Pneyelenggaraan event petualangan ini sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau Sumba, NTT memiliki Labuhan Bajo sebagai satu dari 10 destinasi prioritas yang dikembang sebagai “Bali Baru” dalam mendukung target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.

Sebanyak 100 perserta dari alam dan luar negeri (termasuk media nasional,fotografer, dan agen perjalanan) ikut dalam IAF ‘Jelajah Tanahumba 2017’ untuk berpetualangan menjelajah di 24 lokasi wisata di Pulau Sumba: dimulai dari Kabupaten Sumba Barat Daya hingga berakhir di Kabupaten Sumba Timur. Para peserta akan menginap di kampong adat, megiiti acara adat, tarian tradisional, pacuan kuda tradisonal, prosesi pembuatan pertunjukan yang akan disaksikan oleh wisatawan.

Daputi BIdang Pengembangan Pemasaran Pariwisata NUsatntara (Deputi BP#N) Kementrian Pariwisata (Kemenpar)Esthy Reko Astuty mengapresiasi penyelenggaraan event Indonesia Adventure Festival yang telah memasuki tahun tahun ke-4 dan memberikan dampak positif terhadap penguatan unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas). “Penyelenggaraan event petualangan IAF ‘Jelajah Tanahumba 2017’ sebagai sarana promosi dalam miningkatkan kunjungan wisatawan serta memberikan dampak langsung terhadap kemjuan pariwisata Pulau Sumba yang mengandalkan potensi budaya (culture), alam (nature), dan buatan (manmade),” kata Esthy Reko Astuty dalam jumpa pers IAF ‘Jelajah Tanahumba 2017’ di Gedung Spta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Selasa (7/11).

Esthy Reko Astuty didampingin Bupati Sumba Timur Gidion Mbiliyora, Ketua DPRD Sumba Timur drh. Palulu P. Ndima, Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP, Ketua DPRD Sumba Barat Gregorius HBL Pandango, S.E dan pendiri Way2East Adi Gerimu pada kesempatan itu mengatakan, kemenpar akan menetapkan 100 premier event sebagai Wonderful Indonesia Calendar of Eventt (CoE) 2018 dalam rangka menyukseskan target pariwisata nasional tahun 2018 sebanyak 17 juta kunjungan wisman dan pergerakan 270 juta kunjungan wisnus di Tanah Air. “Dari 100 event premier tersebut mencerminkan terwakilinya 34 provinsi di Indonesia dan akan dipilih beberapa di antaranya sebagai event berskala internasional,” kata Esthy Reko Astuty.

Related posts

Leave a Comment