Indonesia Investment Week Singapore Chapter 2017 Ditunda

Indonesia Investment Week Singapore yang sejatinya berlangsung pada 6-8 September 2017 di Marina Bay Sands Singapore ditunda menjadi 4-6 Desember 2017.

Menurut Presiden Direktur PT. Profajar Eksibit Internasional, Zaidin A. Zaiti dalam konfrensi pers yang diadakan di Kantor PT Pro Fajar Exhibition, H.Samali, Pasar Minggu, Jakarta selatan, Acara yang sedianya akan digelar pada 19-21 July 2017 diundur menjadi tanggal 6-8 September, dikarenakan pada tanggal 7 September Bapak Presiden RI, Jokowi berencana akan mengikuti kegiatan Pertemuan Bilateral Indonesia Singapura.

“ Pemunduran jadwal ini berdasarkan hasil evaluasi dengan Kementerian Dalam Negeri RI , serta institusi pendukung lainnya. Terutama  terkait dengan minat instansi para pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi kerjasama internasional, sebagaimana Edaran Menteri Dalam Negeri RI , surat nomor : 510.13/3022/SJ serta mempertimbangkan kepentingan yang lebih strategis untuk menyemarakkan kegiatan Bapak Presiden RI selama  di Singapura,  pelaksanaan kegiatan IIW-SC 2017 disesuaikan dari yang semula dilaksanakan pada tanggal 19-21 July 2017 menjadi tanggal 6-8 September 2017, bertempat di Hall C Marina Bay Sands, Singapore,” ucap Zaidin.

Lebih lanjut dikatakan oleh Zaidin, terbenturnya kepentingan  agenda penyelenggaran INDONESIA INVESTMENT WEEK –Singapore Chapter 2017 dalam agenda pertemuan strategis Presiden RI bersama para pelaku usaha internasional dimaksud, sangat disayangkan telah disikapi oleh Kepala BKPM RI melalui konferensi pers , 31 Agustus 2017, bersama beberapa  media secara tidak berkoordinasi dan sepihak, sehingga menimbulkan berbagai pendapat tentang penyelenggaraan kegiatan IIW SC 2017 dimaksud.

“Dalam pernyataan Kepala BKPM tersebut , juga disampaikan bahwa kegiatan IIW SC 2017 bukan dari kegiatan rangkaian semarak 50 Tahun Indonesia Singapura,” ucap Zaidin.

Dan dari pernyataan Kepala BKPM itu juga mengakibatkan sebanyak 50 persen peserta membatalkan untuk ikut acara tersebut.  Panitia juga menyayangkan pencabutan dukungan dari BKPM, padahal sebelumnya dukungan telah diberikan melalui surat : 10/A.6/2017 tentang semangat yang mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan IIW SC 2017.

“Pada kesempatan jumpa pers ini diharapkan pihak BKPM dapat merespon dengan baik surat dari pihak penyelenggara yang telah dilayangkan pada Senin (4/9/2017), dan BKPM dapat mendukung kegiatan kami di tanggal 4 – 6 Desember 2017 nanti,”  tutup Zaidin. (GP-1)

 

 

Related posts

Leave a Comment