Indonesia Optimis Menghadapi Revolusi Digital

Jakarta,Gpriority-Indonesia Optimis menghadapi Era Revolusi digital merupakan tema yang diangkat dalam rapat kerja nasional (rakernas) III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang berlangsung selama 3 hari (25-27 Juli).

Rakernas sendiri dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Ketua Dewan Pembina SMSI Chairul Tandjung dan tokoh pers senior H.M. Ilham Bintang.

“ Rakernas III bisa menjadi momentum penyegaran kembali semangat berorganisasi dari pemlilk dan pelaku industri media siber. Dengan terlaksananya Rakernas III SMSI diharapkan media siber bisa menyesuaikan dengan dinamika dan kemajuan dunia digital,” kata Ketua Umum SMSI Auri Jaya.

Selain menjadi ajang penyegaran, rakernas SMSI III juga digunakan untuk meluncurkan inovasi baru yakni Siber Indonesia Network (SIN). Peluncuran SIN dilakukan oleh Menkominfo Rudiantara bersama Auri Jaya dengan memencet tombol sirene sebagai tanda peresmian.

SIN nantinya akan menjadi newsroom (ruang pengelolaan berita) SMSI yang menyampaikan informasi akurat untuk masyarakat hingga berjumlah sekitar 2000 setiap harinya dari ratusan media siber anggota SMSI di seluruh Indonesia.

Media siber yang terdaftar sebagai angggota SMSI nantinya akan berkontribusi mengirimkan naskah berita, video dan foto untuk SIN. Layaknya struktur organisasi media, SIN juga memiliki penanggung jawab tertinggi atau pemimpin redaksi.

Menteri Kominfo juga mengungkapkan, pihaknya akan memberikan fasilitas domain situs internet yang mudah diakses kepada pelaku UMKM jika ingin merambah dunia siber ke depannya.

Rakernas III SMSI juga menjadi forum guna mengevaluasi aktivitas kepengurusan pusat dan daerah serta merumuskan bersama strategi dan kebijakan organisasi ke depannya. Rakernas III dihadiri oleh 32 provinsi di Indonesia yang memiliki keanggotaan SMSI. (Hs)

 

 

Related posts

Leave a Comment