Informasi Laporan Keuangan, Modal Dukungan Pengelolaan Keuangan Yang Sehat

Jakarta,Gpriority-Salah satu syarat untuk mewujudkan Indonesia mandiri dan berdaya saing adalah pengelolaan keuangan yang sehat dan kuat sesuai dengan amanah rakyat.

Untuk itulah pada Kamis (20/9) Kementerian Keuangan menggelar acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2018 di Gedung Dhanapala, Kemenkeu , Jakarta Pusat.

Acara yang mengangkat tema “Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat Untuk Indonesia Kuat” dihadiri oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Gubernur, Bupati, Sekretaris Jenderal Kementerian/Lembaga, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, Akademisi, serta pimpinan institusi terkait.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengatakan  selain menjadikan Indonesia mandiri dan berdaya saing, rakernas ini diadakan juga untuk  memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara, menindaklanjuti amanat UU no.8 tahun 2018 tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN  tahun anggaran 2017 untuk memberikan apresiasi kepada Kementerian/Lembaga  (K/L) yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP, serta meningkatkan partisipasi  dan dukungan masyarakat dalam menyukseskan program-program nasional.

Seperti tahun sebelumnya pada tahun ini pemerintah memberikan penghargaan kepada  93 K/L dan Pemerintah Daerah Baik Provinsi, kabupaten maupun kota yang mendapat opini terbaik WTP dari BPK.

“ Dengan adanya penghargaan ini, daerah-daerah lainnya serta K/L  bisa semakin terpacu untuk memperoleh opini terbaik WTP dari BPK,” terang Sri Mulyani dalam jumpa persnya.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment